Home - Bayi - Perawatan Bayi / 8 Februari 2019 / Redaksi

Cara Mudah Membersihkan Lidah Bayi dan Manfaatnya

Walaupun belum punya gigi dan masih ASI ekslusif, kebersihan mulut bayi tetap harus dijaga, Moms. Karena itu, sangat penting untuk rutin membersihkan lidah bayi, setiap kali ia habis menyusu, baik menyusu langsung maupun menyusu lewat botol. Bagaimana jika bayi menolak dibersihkan? Awalnya mungkin bayi merasa risih jika lidahnya dibersihkan, namun Moms harus membiasakannya sejak dini, agar perlahan tapi pasti ia terbiasa dengan ritual menjaga kebersihan mulut. Berikut ini cara mudah membersihkan lidah bayi yang bisa Anda lakukan dan manfaatnya pada Si Kecil, Moms.


Cara Membersihkan Lidah Bayi

1. Pada bayi baru lahir, Moms bisa menggunakan kasa yang dibalutkan ke jari Anda. Moms juga bisa menggunakan sikat gigi jari, yang dipakai untuk menutupi telunjuk Anda. Pastikan sikat gigi jari ini cukup lembut buat Si Kecil ya, Moms.



2. Pastikan tangan dan jari Anda sudah benar-benar bersih sebelum membersihkan lidah bayi.

3. Sebelum mulai membersihkan, Moms sebaiknya melembutkan kasa atau sikat gigi jari dengan air hangat terlebih dahulu.

4. Baringkan bayi dalam posisi yang nyaman, Anda juga bisa mengajaknya ‘ngobrol’ terlebih dahulu agar ia semakin nyaman.

5. Begitu jari Anda menyentuh lidah bayi, sikat lidah bayi secara lembut dengan pola memutar.

6. Setelah membersihkan lidah, pijat lembut gusi dan gigi Si Kecil. Setelah itu Moms bisa memijat lembut pipinya juga.

7. Lakukan ini sekali sehari.




Manfaat Membersihkan Mulut Bayi

1. Mengajarkan Kebersihan Sejak Dini

Jika sejak baru lahirbayi Anda sudah dibiasakan untuk rutin membersihkan mulut, maka ia akan tumbuh menjadi anak yang peduli akan kebersihan mulut dan gigi. Anda tentunya tidak mau kan, Si Kecil kelak malas menyikat gigi? Nah, untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut, Moms perlu membiasakannya sejak dini.

2. Membasmi bakteri di mulut

Walaupun hanya minum ASI, bukan berarti tidak akan terjadi penumpukan bakteri di mulut bayi. Bakteri tidak mengenal usia! Untuk itu, rutin membersihkan lidah bayi bermanfaat dalam membasmi penumpukan bakteri di mulut Si Kecil.

3. Membantu pertumbuhan gigi

Ketika bayi sudah mulai memasuki fase tumbuh gigi, maka membersihkan lidah dan gusinya juga dapat membantu melancarkan proses tumbuh gigi yang membuatnya nyeri lho, Moms. Berikan pijatan lembut di gusi yang sedang tumbuh gigi, ia pasti suka!

4. Membantu bayi mengenal rasa

Jika kotoran di lidah bayi terus dibiarkan menumpuk, tentunya lidah bayi jadi lebih sulit mengenali berbagai rasa yang Moms berikan. Karena itu, membersihkan lidah sama saja dengan membersihkan palet rasa, sehingga bayi lebih mudah mengenali aneka rasa. Lidah yang bersih, tentu akan membuat bayi lebih peka dengan rasa makanan ketika ia sudah mulai MPASI. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Perawatan Esensial di Periode Emas Si Kecil

Penyebab Mata Bayi Belekan dan Cara Menanganinya

Penyakit Thalassemia pada Anak yang Perlu Diketahui

OTHER ARTICLES

Benarkah Obstetric Cholestasis Jadi Penyebab Prematur?

Waspada Hepatitis A pada Anak! Ketahui 10 Fakta Ini

Cara Tepat Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga Anda

Ini Tanda-Tanda Bayi Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Tips Berpuasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung