Mother&Baby Indonesia
Hypnobirthing agar Persalinan Lancar dan Bebas Cemas

Hypnobirthing agar Persalinan Lancar dan Bebas Cemas

Menjelang persalinan, Moms pasti merasakan beberapa kekhawatiran yang membuat Anda resah. Keresahan tersebut ternyata juga bisa dirasakan oleh bayi di dalam kandungan Anda, lho. Nah, agar kehamilan dan persalinan Anda lebih lancar dan tanpa kendala, maka Moms bisa mencoba mempelajari hypnobirthing sejak awal kehamilan.

Apa yang dimaksud dengan hypnobirthing dan bagaimana melakukannya?Untuk mengetahui hal tersebut, Moms bisa simak hasil perbincangan Tim Mother&Baby Indonesia bersama Bidan Lanny Kuswandi, CHt, CI, seorang Midwives, Doula, dan Founder Hypnobirthing Indonesia, saat MB InstaLive dan FBLive beberapa waktu lalu dengan tema “Rahasia Persalinan Nyaman".




T: Apa sih yang dimaksud dengan hypnobirthing?

J: Sebenarnya ini adalah sebuah ilmu pengetahuan yang semua orang bisa belajar. Hypnobirthing berasal dari bahasa Yunani, Hypnos, yaitu nama dewa tidur. Jadi dari situ kita akan berlatih teknik relaksasi agar ibu hamil lebih tenang dan bebas cemas selama mengandung hingga menjelang persalinan. Tujuan utama hypnobirthing adalah untuk memberikan relaksasi dan afirmasi positif, sehingga kehamilan dan persalinan lebih nyaman dan tentunya tenang. Tidak hanya ibu, anak di dalam kandungan juga lebih tenang, sehingga saat lahir nanti, ia akan menjadi bayi yang tenang dan tidak mudah rewel.


T: Kapan bisa mulai latihan hypnobirthing?



J: Sebetulnya kapan saja boleh, namun akan sangat ideal jika dimulai sejak awal kehamilan, tepatnya sejak trimester pertama.


T: Apakah benar hynobirthing itu hanya untuk yang melahirkan normal?

J: Tidak benar, baik yang melahirkan normal maupun caesar juga bisa melakukan hypnobirthing, kok. Namun memang sangat diusahakan untuk melahirkan lewat vagina atau normal. Jika rencana itu tidak memungkinkan, persalinan caesar juga bisa terbantu dengan hypnobirthing. Tetapi selama kita melatih diri untuk hypnobirthing, maka kehamilan dan persalinan juga bisa lebih lancar dan tanpa kendala.

Hynobirthing juga bermanfaat untuk menenangkan kecemasan ibu saat tiba-tiba harus melahirkan caesar. Selain itu, hypnobirthing juga membantu proses penyembuhan luka ibu yang melahirkan caesar menjadi lebih cepat, dan tentu saja ASI-nya juga jadi lebih lancar. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: persalinan,   melahirkan,   kehamilan,   hypnobirthing