Home - Kehamilan & Persalinan - Persalinan / 3 Februari 2019 / Redaksi

10 Barang Wajib Ada di Dalam Tas Melahirkan

Jika berencana melahirkan di rumah sakit, sebaiknya Anda sudah menyusun isi yang akan dibawa setidaknya 3 minggu sebelum due date. Persiapan yang matang ini akan membuat Anda lebih tenang dalam menjalani persalinan. Pastikan pula Anda hanya membawa beberapa barang yang benar-benar dibutuhkan. Dan, inilah 10 barang yang wajib ada di dalam tas persalinan Anda, Moms.


1. Dokumen Penting

Untuk check-in di rumah sakit, Anda membutuhkan kartu identitas, baik KTP atau SIM, kartu asuransi, dan dokumen penting lainnya, seperti buku rekam medis kehamilan. Siapkan semua itu dalam map tersendiri, agar Anda tidak kesulitan mencarinya jika dibutuhkan. Jangan lupa membawa Kartu Keluarga jika Anda ingin membuat akta kelahiran menggunakan jasa dari rumah sakit.


2. Celana Dalam dan Pembalut Ekstra

Dua benda ini sangat dibutuhkan mengingat setelah persalinan, darah nifas akan langsung keluar dari vagina. Kondisi itu pun akan membuat Anda harus sering mengganti celana dalam dan pembalut, tentunya agar lebih nyaman. Untuk mengurangi nyeri yang dirasakan, Anda juga bisa membawa obat semprot pengurang rasa nyeri yang direkomendasikan dokter.


3. Gadget dan Benda-Benda yang Menyamankan

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada mendengarkan lagu-lagu favorit saat kontraksi datang. Untuk itu, jangan lupa membawa gadget yang telah diisi dengan lagu-lagu kesayangan dan bisa membuat Moms merasa lebih nyaman. Selain itu, Anda juga bisa membawa bantal atau selimut agar merasa lebih nyaman saat berada di rumah sakit.


4. Kamera

Anda dan pasangan tentu tidak ingin kehilangan momen kelahiran Si Kecil. Untuk itu, pastikan Moms membawa kamera dengan kondisi baterai sudah terisi penuh. Jangan lupa bawa juga smart phone dan baterai cadangan. Jauh sebelum due date, Moms harus menanyakan pihak rumah sakit tentang izin mengambil foto atau video selama persalinan, dan apakah ada prosedur yang haus dijalani.


5. Baju Bayi

Bawalah 1 baju yang nyaman untuk dipakai Si Kecil saat meninggalkan rumah sakit. Pilihlah baju yang modelnya sederhana, seperti jumper panjang yang bisa menutupi kakinya. Anda juga bisa memakaikan topi dan membungkusnya dengan selimut lembut agar ia semakin hangat. Untuk keamanan, pasanglah car seat di mobil sejak jauh-jauh hari.


6. Perlengkapan Mandi dan Kosmetik

Anda tentu tetap ingin tampil segar saat berada di rumah sakit. Selain perlengkapan mandi, Anda juga harus membawa lip balm, deodoran, losion, sisir, make-up, dan bandana agar rambut tetap rapi. Jika Anda menggunakan kacamata, jangan lupa untuk membawanya. Di saat seperti ini, memakai lensa kontak bukanlah pilihan yang tepat.


7. Bra Menyusui

Untuk kenyamanan saat menyusui bayi, sebaiknya langsung gunakan bra khusus menyusui. Pemakaian bra yang tepat akan membantu mengurangi nyeri pada payudara yang mungkin Anda rasakan setelah melahirkan. Saat ini, bra menyusui telah tersedia dengan berbagai model dan warna menarik yang akan membuat Anda lebih percaya diri saat memakainya.


8. Jaket dan Kaus Kaki

Dinginnya suhu di rumah sakit terkadang tidak bisa dikompromi, apalagi kalau tempat tersebut menggunakan AC sentral. Karena itu, jangan lupa untuk membawa jaket dan kaus kaki untuk melindungi tubuh Anda agar tetap hangat dan nyaman. Membawa jaket dan kaus kaki juga bisa membantu Anda beristirahat dengan lebih baik lho, Moms.


9. Baju yang Nyaman

Jika tidak ingin menggunakan baju dari rumah sakit, berarti Anda harus membawanya sendiri. Siapkan 2 pasang baju yang longgar dan nyaman atau gaun tidur (daster) untuk digunakan saat Anda menginap di rumah sakit. Sebaiknya, gunakan pakaian berlengan pendek agar suster dapat dengan mudah memeriksa tekanan darah Anda. Pastikan pula model pakaian tidak menyulitkan Anda saat ingin menyusui Si Kecil.


10. Bola Tenis

Bola tenis ini akan membantu mengurangi nyeri yang Anda rasakan menjelang persalinan. Caranya, masukkan bola tenis ke dalam sebuah kaki kaus tipis, lalu minta suami untuk menaruhnya di punggung Anda sambil mendorongnya ke atas dan bawah. Atau berdirilah di depan dinding, taruh bola tenis di belakang Anda, kemudian gerakkan tubuh ke atas dan bawah. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Ini Penyebab Bekas Operasi Caesar Terasa Ngilu

Ini yang Terjadi Beberapa Jam Setelah Melahirkan (2)

Ini yang Terjadi Beberapa Jam Setelah Melahirkan (1)



OTHER ARTICLES

7 Bahan Skin Care yang Harus Dihindari Ibu Hamil

5 Hal yang Perlu Anda Lakukan setelah Gajian

Seperti Apa Air Mineral yang Layak Diminum Keluarga?

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Balita Punya Adik Lagi

Ini yang Dialami Moms Baru pada Masa Nifas