Mother&Baby Indonesia
10 Ide Kado yang Tepat untuk Bayi Baru Lahir

10 Ide Kado yang Tepat untuk Bayi Baru Lahir

Menyambut kehadiran bayi adalah hal yang paling ditunggu-tunggu, baik oleh kedua calon orang tua, maupun keluarga dan kerabat serta teman-teman dekat. Nah, buat Anda yang memiliki kerabat atau teman dekat yang baru saja melahirkan, Anda tentunya ingin menghadiahkan barang, baik untuk Si Kecil maupun buat sang ibu. Tapi, kira-kira kado apa saja yang tepat untuk diberikan, ya?


Pilihan Kado untuk Bayi

Berikut ini beberapa pilihan barang yang bisa dijadikan kado untuk bayi.



1. Selimut. Bayi memang paling sering diberikan pakaian untuk menghangatkan tubuhnya. Namun, pemberian selimut bisa jadi kado yang cocok karena tak hanya membuat tubuhnya hangat, tetapi juga nyaman. Pilihlah ukuran yang sesuai dan tidak terlalu kecil agar bayi tetap bebas bergerak terutama saat tertidur. Pilihkan juga selimut bayi dengan bahan yang tidak terlalu tebal yang bisa membuat Si Kecil kegerahan.

2. Perlengkapan menyusui. Untuk sang ibu, perlengkapan menyusui sangat penting dan membantu pemberian ASI buat buah hatinya. Anda bisa memberikan kado perlengkapan menyusui, seperti pompa ASI, bantal menyusui, breast pad, dan nursing cover.

3. Sterilizer. Untuk menjaga semua peralatan menyusui bayi tetap bersih dan higienis, sterilizer bisa Anda hadiahkan untuk ibu yang baru melahirkan. Dengan adanya sterilizer, sang ibu jadi tak repot untuk membersihkan peralatan menyusui Si Kecil.

4. Popok. Salah satu perlengkapan yang juga penting untuk bayi baru lahir adalah popok. Pilihlah popok kain atau popok cuci ulang yang biasa disebut clodi (cloth diaper). Saat ini sudah banyak dijual berbagai popok dengan motif yang lucu dan menarik. Jika dipakai Si Kecil, tentu ini menjadi kado yang lucu, ya.

5. Diaper Bag. Nah, untuk menyimpan popok, selimut, juga peralatan menyusui jika di perjalanan, tentu dibutuhkan diaper bag. Jadi, memberikan kado berupa diaper bag akan sangat membantu Moms. Pilihlah bahan yang mudah dibersihkan dengan lap dan pastikan ada bantalan tambahan sehingga tidak membuat sakit pundak ketika membawanya.

6. Buku harian. Saat ini, terdapat buku harian yang bisa diberikan kepada orang tua baru. Buku ini akan membantu Moms juga Dads dalam masa-masa awal parenting. Di dalamnya, sudah terdapat hal-hal yang perlu dicatat seperti imunisasi, jadwal menyusui, dan lain hal yang bisa digunakan untuk melihat perkembangan Si Kecil.

7. Perlengkapan Mandi. Bayi yang baru lahir memang belum perlu dimandikan sesering mungkin. Namun, pemberian bak mandi atau kursi mandi bayi sebagai kado untuk bayi baru lahir juga boleh, lho.



8. Stroller. Alat ini merupakan perlengkapan umum yang akan memudahkan orang tua saat ingin mengajak buah hatinya jalan-jalan. Alat ini juga memiliki jangka waktu pemakaian yang panjang, hingga Si Kecil balita.

9. Gendongan bayi. Barang ini memang tidak bisa langsung dipakai bayi baru lahir, tapi tidak ada salahnya memberikannya sebagai kado. Pilihlah jenis gendongan yang bisa dipakai hingga bayi cukup besar.

10. Kursi bayi. Kado ini sangat berguna untuk membantu orang tua baru. Ia bisa beristirahat sejenak dengan menaruh bayinya di kursi bayi dan bermain dengan mainan yang ada di kursi tersebut.


Tips Memilih Kado

Sebelum memilih kado, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

• Pastikan Anda sudah mengetahui jenis kelamin dari bayi tersebut. Ini bisa membantu Anda untuk memilihkan kado dengan warna atau motif yang pas bagi Si Kecil.

• Kado yang diberikan tidak perlu mewah, terkesan mahal, atau terlalu rumit dalam pemakaiannya. Dengan memberikan kado yang memiliki manfaat untuk bayi dan perawatannya, sudah membuat orang tua senang.

• Cari tahu barang apa saja yang sudah dimiliki orang tua bayi melalui kerabat dekatnya. Ini akan membantu Anda memberikan kado yang berguna dan tidak menjadi sia-sia. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   bayi baru lahir,   newborn,   kado untuk bayi










Cover April 2020