Mother&Baby Indonesia
9 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

9 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Saat hamil, Moms tentu berusaha untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi. Ini sikap yang baik sekali, karena saat hamil, Anda tidak hanya membutuhkan nutrisi untuk diri sendiri, tetapi juga untuk Si Kecil yang ada dalam perut Anda.

Apa saja sih makanan yang perlu dikonsumsi saat hamil? Para pakar menyarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat secara bergantian, agar kebutuhan nutrisi Anda dan janin selalu terpenuhi. Tak hanya daging, ikan, dan sayur-sayuran, Moms juga perlu mengonsumsi aneka buah yang kaya gizi.

Salah satu buah yang menjadi favorit para ibu hamil (karena jarang menyebabkan mual) adalah buah pisang. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di US National Library of Medicine, pisang adalah buah segar yang paling sering dikonsumsi saat hamil, dengan persentase mencapai 95.4 persen! Wow, angka yang luar biasa ya, Moms.



Wajar saja kalau pisang menjadi buah yang paling digemari, karena pisang tidak hanya enak, tetapi juga mudah didapat, jarang menyebabkan mual, cukup mengenyangkan, dan tentu saja banyak manfaatnya untuk ibu hamil. Mau tahu, apa saja sih manfaat buah pisang untuk kehamilan? Simak beberapa manfaatnya di bawah ini yuk, Moms.

 

1. Mencegah Bayi Lahir dengan Cacat Bawaan

Sudah bukan rahasia lagi, asam folat adalah nutrisi yang sangat vital dikonsumsi sebelum, saat, dan sesudah hamil. Berita baiknya, mengonsumsi pisang dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat harian bumil, lho. Asam folat dalam pisang membantu pertumbuhan janin lebih optimal, sehingga terhindar dari cacat bawaan dan lahir prematur.

 

2. Mengatasi Anemia

Saat hamil, peredaran darah dalam tubuh Anda meningkat menjadi semakin deras, dan inilah yang memicu anemia kehamilan. Nah, dengan mengonsumsi pisang, maka risiko anemia saat hamil bisa terhindari, karena pisang kaya akan zat besi yang membantu melawan anemia.

 

3. Meredakan Morning Sickness

Khususnya di kehamilan trimester pertama, morning sickness adalah hal yang sangat umum terjadi. Bingung mengatasinya? Konsumsi pisang saja, Moms! Pisang kaya akan vitamin B6, yang sangat efektif meredakan rasa mual dan muntah saat hamil.

 

4. Melancarkan Pencernaan

Tak hanya enak, pisang juga merupakan buah yang kaya akan serat. Maka, jika wanita hamil sering sembelit atau konstipasi, rutin mengonsumsi pisang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan itu lho, Moms. Serat pada pisang juga membantu mengusir racun dalam tubuh, sehingga tubuh Anda lebih sehat dan bebas sembelit.

 



5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pisang merupakan sumber vitamin C yang baik, dan inilah vitamin yang juga berperan sebagai antioksidan. Jika wanita hamil rutin mengonsumsi pisang, maka tentu saja daya tahan tubuhnya akan meningkat dan terhindar dari infeksi.

 

6. Memberikan Tambahan Energi

Sering lemas dan merasa kurang berenergi saat hamil? Cobalah untuk rutin mengonsumsi pisang deh, Moms. Pisang kaya akan energi, dan bisa meningkatkan kadar energi Anda dalam waktu singkat. Bagaimana mungkin ya pisang bisa memberikan energi? Bisa dong! Karena pisang mengandung fruktosa, glukosa, dan sukrosa, yang sangat penting dalam menghasilkan energi untuk tubuh.

 

7. Mengenyangkan!

Saat morning sickness melanda, para dokter kandungan menyarankan bumil untuk makan dalam porsi kecil namun sering (small frequent feeding). Nah, agar bumil tidak terlalu kenyang namun juga tidak lapar, Anda bisa mengonsumsi pisang sebagai camilan. Pisang kaya akan karbohidrat, yang membantu Anda merasa kenyang.

 

8. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Moms pasti sudah tahu, kalau pisang adalah sumber potasium terbaik. Potasium ini berguna untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh bumil agar tetap stabil. Sebaiknya bumil rutin mengonsumsi pisang, agar terhindar dari preeklampsia atau tekanan darah tinggi saat hamil.

 

9. Mengurangi Stres

Bumil mudah stres? Itu normal terjadi saat hamil, Moms. Namun Anda bisa mengonsumsi pisang untuk membantu mengurangi stres dan rasa cemas berlebih saat hamil. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: pisang,   nutrisi,   gizi,   buah,   kehamilan,   kandungan,   makanan,   hamil,   ibu hamil








Cover Januari - Februari 2020