Mother&Baby Indonesia
3 Hal Untuk Mudahkan Menghitung Biaya Persalinan

3 Hal Untuk Mudahkan Menghitung Biaya Persalinan

Tidak hanya mempersiapkan mental dan fisik, menjelang persalinan Anda dan pasangan juga harus mempersiapkan biayanya. Seperti diketahui, sekarang ini biaya persalinan tidaklah murah, apalagi jika Anda ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik dari rumah sakit.

Sembari menanti due date, Moms dan Dads mungkin juga sudah mulai mencari lokasi yang paling sesuai untuk melahirkan Si Kecil. Namun, apakah dana yang Anda siapkan sudah cukup untuk membiayai persalinan? Perhitungan berikut bisa menjadi referensi buat Anda, Moms.




Persalinan Normal

Anda termasuk beruntung jika dapat bersalin secara normal, karena biaya yang dibutuhkan lebih murah dibandingkan dengan operasi caesar. Biasanya pemulihan berlangsung lebih cepat sehingga Anda tidak perlu menjalani rawat inap lama.

Pemulihan hanya sekitar 4-6 jam dan keesokan harinya Anda sudah diperbolehkan pulang. Menurut data dari beberapa rumah sakit, tarif persalinan normal ada di kisaran Rp 10-25 juta. Umumnya tarif ini disesuaikan dengan pemilihan rumah sakit, fasilitas kamar, jasa pendamping yang Anda pilih, dokter atau bidan.


Operasi Caesar

Biaya operasi caesar bisa 2 kali lipat dari persalinan normal. Tarifnya menjadi lebih mahal karena proses pemulihan cenderung lebih lama sehingga Anda membutuhkan rawat inap sekitar 4-5 hari di rumah sakit. Selain itu, persalinan dengan operasi caesar membutuhkan lebih banyak intervensi obat-obatan seperti anestesi, obat penghilang rasa sakit (epidural dan ILA), serta antibiotik untuk mencegah infeksi. Rata-rata rumah sakit menerapkan tarif operasi antara Rp 25-50 juta.


Dana Darurat

Menurut Indah Hapsari, Kepala Perencana Keuangan dari JANUS ID, ada 3 kondisi yang membuat Anda perlu mempersiapkan dana darurat, yaitu bila ibu hamil sakit, kelahiran prematur, dan bayi terlahir dalam keadaan sakit. Masing-masing kondisi ini membutuhkan perawatan dan penanganan berbeda. Pada kelahiran prematur, Anda perlu mempersiapkan biaya untuk obat-obatan dan perawatan NICU (neonatal intensive care).

Tarif NICU berbeda-beda, tergantung dari rumah sakit dan peralatan kesehatan yang diberikan. Rata-rata harga NICU per hari antara Rp 500.000-2.000.000. Dana darurat sudah harus direncanakan sejak masa persiapan kehamilan.



Indah menyarankan dana ini ditempatkan di tabungan, agar sewaktu-waktu bisa diambil. “Untuk menghitung dana darurat, Anda harus mencari informasi lengkap terkait penanganan kasus darurat di rumah sakit yang dipilih untuk melahirkan.”


Tips Persiapan Biaya

Persiapkan dana persalinan Anda dari jauh-jauh hari, agar bisa tenang menghadapi persalinan nantinya. Berikut ini trik untuk menyiapkan biaya persalinan yang perlu Anda lakukan:

• Biaya persalinan sebaiknya segera dipersiapkan setelah dinyatakan hamil. Anda bisa memulainya dengan mengumpulkan informasi terkait biaya persalinan di beberapa rumah sakit di kota Anda.

• Tanyakan secara jelas mengenai penggantian biaya persalinan asuransi. Cari tahu mengenai pergantian dana dan fasilitas perawatan, juga prosedur klaim dan dokumen yang diperlukan.

• Menyiapkan dana dalam 9 bulan. Sebaiknya simpan dalam tabungan atau deposito saja.

• Gunakan dana berlebih untuk perawatan pasca bersalin. Dan jika dana terbatas, tahan diri untuk membeli perlengkapan bayi.

• Siapkan biaya tak terduga agar proses pengambilan keputusan dalam proses persalinan tidak dihalangi kondisi finansial. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   persalinan,   biaya persalinan