Mother&Baby Indonesia
Kesundulan? Coba Lakukan 5 Tips Penting Ini

Kesundulan? Coba Lakukan 5 Tips Penting Ini

Ketika Anda berpikir untuk memiliki anak lagi, tentunya ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari jarak usia antara anak pertama dan kedua, kesiapan mental, hingga ke urusan finansial. Semua itu memang perlu dipersiapkan dengan matang dan terencana, karena itu sangat penting bagi sebuah pasangan untuk menjaga jarak antar kehamilan.

Sayangnya, menggunakan kontrasepsi saja tidak 100 persen menjamin Anda bisa menjaga jarak kehamilan. Ada saja hal yang membuat Anda mengalami ‘kesundulan’ atau hamil lagi di luar rencana.

Duh, kalau sudah kesundulan seperti ini, Anda pasti langsung diselimuti beberapa kekhawatiran. Moms dan Dads mungkin menjadi khawatir dengan sibling rivalry, karena jarak usia anak pertama dan kedua yang terlalu dekat. Atau mungkin khawatir dengan kesiapan mental orang tua dan kemapanan finansial, mengingat inflasi biaya sekolah sekitar 10-20 persen per tahunnya. Ah, terlalu banyak hal yang bisa membuat Anda khawatir. Padahal, kehamilan seharusnya disambut dengan bahagia, Moms.



Ibu bahagia, keluarga pun ikut bahagia. Maka dari itu, kesundulan tidak boleh membuat Moms panik atau khawatir. Lalu apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami kesundulan? Ikuti beberapa trik berikut ini saja, Moms.


1. Minta Bantuan Keluarga

Ketika kehamilan sudah semakin besar dan menghambat aktivitas Anda mengurus anak pertama beserta seluruh pekerjaan rumah, jangan ragu untuk meminta bantuan keluarga. Jika ini tidak memungkinkan, jangan ragu untuk meminta bantuan asisten rumah tangga atau babysitter untuk mengurus anak pertama Anda. Tidak semua hal harus Anda urus sendiri, Moms. Anak diasuh babysitter tidak akan mengubah Anda menjadi seorang ibu yang buruk, kok.


2. Cermat Mengatur Waktu

Bukan rahasia lagi, waktu adalah musuh utama bagi para ibu hamil yang memiliki balita. Rasa lelah tentu akan menjadi berlipat ganda, betul? Untuk menyiasati ini, Anda harus cermat mengatur waktu istirahat. Sebisa mungkin beristirahatlah ketika Si Kecil tidur.




3. Jangan Lupa Me Time

Tidak ada yang paling mengerti diri Anda selain Anda sendiri. Karena itu, untuk memulihkan energi yang banyak tersita, jangan lupa juga untuk menyayangi diri Anda dengan menyediakan waktu luang guna melakukan kegiatan yang membuat Anda senang (me time), walaupun itu hanya melakukan creambath ke salon, makan siang bersama teman, atau sekadar membaca buku sambil minum teh.


4. Susun Persiapan Finansial

Salah satu dampak kesundulan yang paling dikhawatirkan adalah persiapan finansial yang kurang matang. Sejak pertama tahu hamil lagi, sebaiknya Anda dan suami langsung menyusun persiapan dana, baik untuk melahirkan, imunisasi, atau mungkin pengasuh tambahan. Pangkas segala kebutuhan yang tidak penting, Moms.


5. Berkomunikasi dengan Pasangan

Tidak hanya Anda, saat ini pasangan Anda juga mungkin sedang sama khawatirnya dengan Anda. Untuk mencegah cekcok akibat kesundulan, sebaiknya jangan pendam segala pikiran dan perasaan yang ada. Berkomunikasilah dengan baik, jangan ada yang ditutupi. Dengan saling terbuka, Anda dan suami bisa mencari solusinya bersama-sama. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesundulan,   kehamilan,   kandungan,   tips,   pasangan,   hamil