Mother&Baby Indonesia
Wah! Ternyata Ini Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Wah! Ternyata Ini Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Saat hamil, hal yang penting dilakukan seorang ibu adalah memenuhi nutrisi untuk kesehatan dirinya dan sang janin. Sumber nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayuran, susu murni, daging atau makanan laut, hingga buah-buahan. Nah, salah satu buah yang sangat penting untuk dikonsumsi oleh Moms selama masa kehamilan adalah buah naga.

Buah naga merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus, berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Buah ini juga dibudidayakan di beberapa negara di Asia seperti Taiwan, Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Buah naga memiliki tampilan kulit berwarna merah dengan daging buah yang berwarna merah keunguan atau putih dengan biji-biji hitam dan memiliki rasa masam serta manis.

Buah rendah kalori ini mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B1 (tiamin), dan vitamin B2 (riboflavin). Tak ketinggalan mineral seperti karbohidrat, protein, antioksidan, serat, serta zat besi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil ada dalam buah ini. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi buah naga, seperti dimakan langsung atau diolah menjadi jus segar. Selain beragam vitamin dan mineral tersebut, buah naga juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh Moms dan janin. Apa sajakah itu? Berikut beberapa manfaatnya, Moms.




1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada buah naga sangat membantu tubuh Anda untuk membentuk sel-sel darah merah dan mengurangi risiko anemia. Kebutuhan oksigen serta nutrisi ibu hamil juga akan tercukupi.


2. Menjaga Perkembangan Otak

Buah naga memiliki antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker ‘mampir’ ke tubuh Anda, Moms. Hal ini akan membantu perkembangan otak janin dan mencegahnya dari kecacatan sistem saraf otaknya. Kekebalan tubuh serta tingkat kolestrol Anda pun akan terkendali menjadi lebih baik.


3. Menambah Energi dan Mengobati Sembelit

Sumber energi ibu hamil berasal dari karbohidrat, dan buah naga mampu memenuhi kebutuhan ini dengan baik. Sebagai sumber karbohidrat alami, dalam 100 gram buah naga terdapat sekitar 9 hingga 14 gram karbohidrat. Rekomendasi untuk karbohidrat selama kehamilan adalah minimal 135 gram per hari. Untuk memenuhi asupan karbohidrat, mengonsumsi seporsi buah naga dengan makanan sumber karbohidrat lain seperti roti gandum atau sereal dapat membantu Anda menciptakan keseimbangan karbohidrat padat nutrisi.



Selain itu, kandungan serat yang cukup tinggi pada buah ini juga bisa membantu mengobati sembelit serta menjaga kelancaran pencernaan selama kehamilan.


4. Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi

Salah satu kandungan yang tak ketinggalan ada di dalam buah naga adalah kalsium. Dengan mengonsumsinya, maka akan sangat membantu pembentukan tulang dan gigi janin dalam kandungan. Protein di dalamnya juga bisa membuat tubuh Moms tetap segar saat hamil.


5. Sumber Lemak Sehat dan Antioksidan

Buah naga juga memiliki lemak yang sehat untuk tubuh Anda dan pertumbuhan otak janin. Dalam satu porsi buah naga, terdapat sekitar 0,1 hingga 0,6 gram lemak, yang sebagian besar adalah lemak tak jenuh tunggal. Jumlah ini pun membuat pertambahan berat badan Anda selama hamil menjadi lebih sehat.

Buah naga juga mengandung beberapa jenis antioksidan yaitu, betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid. Mengonsumsi antioksidan saat hamil bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan membantu perkembangan otak janin. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   hamil,   nutrisi,   buah naga,   janin










Cover April 2020