Mother&Baby Indonesia
9 Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil

9 Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil

Ketika membicarakan tentang kebutuhan nutrisi ibu hamil, maka kita membicarakan hal yang terkait dengan pola makan ibu hamil itu sendiri, di mana pola makan Moms pada saat hamil, bahkan jauh saat sebelum Moms merencanakan kehamilan sangat menentukan kualitas Si Kecil yang akan datang.

Hal yang perlu diperhatikan adalah terpenuhinya nutrisi atau gizi sebelum dan selama Moms hamil. Karena dalam sebuah penelitan menunjukan jika gizi ibu saat hamil dalam kondisi normal atau terpenuhi, maka bayi yang dilahirkan akan normal. Sebaliknya apabila saat hamil seorang ibu memiliki gizi yang kurang, maka kemungkinan bayi akan lahir dengan berat badan yang rendah bisa terjadi.




Nutrisi yang Diperlukan Ibu Hamil

Berbagai nutrisi penting dibutuhkan oleh janin yang membantunya untuk membentuk organ, sistem saraf, otak, serta tumbuh kembangnya. Selain itu, nutrisi juga dibutuhkan oleh ibu hamil agar bisa menjalani masa kehamilan yang sehat. Berikut ini nutrisi yang Anda butuhkan selama masa kehamilan:

1. Karbohidrat dan lemak sebagai sumber tenaga dapat diperoleh dari nasi dan umbi-umbian.

2. Protein sebagai zat pembangun dapat diperoleh dari daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

3. Mineral sebagai zat pengatur dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

4. Vitamin B kompleks berguna untuk menjaga sistem saraf, otot, dan jantung agar berfungsi secara normal. Dapat dijumpai pada serealia, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi, telur, dan produk susu.

5. Vitamin D berguna untuk pembentukan tulang bayi. Sumbernya terdapat pada minyak hati ikan, kuning telur, dan susu.



6. Vitamin E berguna bagi pembentukan sel darah merah. Makanlah biji-bijian terutama gandum, kacang-kacangan minyak sayur, dan sayuran.

7. Asam folat berguna untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah, banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam dan brokoli. Pada buah-buahan, asam folat terdapat pada jeruk, pisang, wortel, dan tomat. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan otak, sampai mengakibatkan cacat bawaan.

8. Zat besi yang dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari anemia, banyak terdapat pada sayuran hijau (seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya), daging, dan hati.

9. Kalsium diperlukan untuk janin, serta melindungi ibu hamil dari osteoporosis. Jika kebutuhan kalsium ibu hamil tidak tercukupi, kekurangan kalsium janin akan diambil dari tulang ibu. Sumber kalsium yang lain adalah sayuran hijau dan kacang-kacangan. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



 




Tags: kehamilan,   nutrisi,   janin,   kandungan,   makanan,   gizi










Cover Mei-Juni-Juli 2020