Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 12 Februari 2019 / Redaksi

Manfaat Air Kelapa saat Hamil, Mitos atau Fakta?

Moms, saat tengah hamil, Anda tentu sering mendengar saran dan anjuran dari orang-orang agar Anda rajin minum air kelapa karena bisa membuat kulit bayi Anda nantinya menjadi putih atau rambutnya berwarna hitam dan lebat. Informasi tersebut bisa jadi hanya sekadar mitos dan belum tentu benar.

Jika ada yang mengatakan bahwa minum air kelapa bisa membantu kulit bayi jadi lebih putih atau rambutnya jadi hitam dan lebat, perlu diketahui bahwa belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal tersebut, Moms. Kondisi kulit maupun rambut bayi ditentukan oleh faktor genetik, dan tidak ada hubungannya dengan minum air kelapa. Meskipun begitu, bukan berarti minum air kelapa tidak bermanfaat bagi ibu hamil lho, Moms.




Manfaat Air Kelapa untuk Kehamilan

Ketika hamil, Anda bisa mengonsumsi air kelapa karena memiliki sejumlah manfaat, baik bagi Anda maupun janin. Berikut ini beberapa manfaatnya, Moms.


1. Antioksidan

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh Anda. Yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi air kelapa, pilihlah air kelapa yang segar, bukan air kelapa dalam kemasan.


2. Mengandung elektrolit

Selama hamil, Moms mungkin sering mengalami mual dan muntah, atau dikenal dengan istilah morning sickness. Saat mual dan muntah, Anda akan kehilangan banyak cairan tubuh. Nah, kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat baik dalam mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga Moms bisa terhindar dari dehidrasi.


3. Melancarkan sirkulasi darah

Kondisi hamil juga membuat Moms kerap merasa pegal dan nyeri akibat sistem sirkulasi darah yang tidak optimal. Hal ini bisa berisiko pada janin karena kurang mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Air kelapa mengandung kalium dan magnesium yang membantu memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh.




4. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih merupakan gangguan yang kerap dialami oleh ibu hamil. Ini karena selama hamil terjadi perubahan hormon dan tumbuh kembang janin di dalam rahim yang menekan kandung kemih. Air kelapa bisa menjadi diuretik alami yang akan membuat ibu hamil lebih mudah mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.


5. Mencegah gangguan pencernaan

Ibu hamil juga sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Bila masalah ini tidak segera diatasi, kotoran akan menumpuk di pencernaan dan menimbulkan penyakit. Air kelapa dapat berfungsi sebagai antibiotik alami yang melawan bakteri di organ pencernaan.


Baca juga: 7 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil


Yang Perlu Diperhatikan

Air kelapa memang punya banyak manfaat dan kebaikan untuk ibu hamil. Meskipun demikian, Moms perlu memerhatikan beberapa hal berikut saat mengonsumsi air kelapa, yakni:

  • Pastikan air kelapa yang Anda minum berasal langsung dari buah kelapa yang muda dan segar, bukan air kelapa dalam kemasan. Jika perlu, saat membeli, pemotongan kelapa untuk mengeluarkan airnya dilakukan di depan Anda.
  • Usahakan untuk langsung mengonsumsi air kelapa segera setelah dikeluarkan dari buahnya, karena lebih segar dan nutrisi yang terkandung di dalamnya masih utuh.
  • Jika saat hamil Moms ternyata tidak menyukai air kelapa karena rasanya, maka tidak perlu memaksakan diri untuk meminumnya.
  • Bagi Moms yang menyukai rasanya, walaupun air kelapa terasa nikmat dan mengandung banyak manfaat, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya apalagi hingga Anda lebih memilih air kelapa dibandingkan air putih, karena biar bagaimana juga, air putih adalah minuman yang utama dan terbaik. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

7 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

5 Penyebab Flek saat Hamil

5 Olahraga Mudah dan Aman untuk Ibu Hamil

OTHER ARTICLES

Ini Alasan Bayi Baru Lahir Jangan Langsung Dimandikan

Rekomendasi 4 Area Glamping untuk Keluarga

5 Pelajaran Penting untuk Mendidik Anak Usia 3 Tahun

Bulu-Bulu Halus pada Tubuh Bayi Baru Lahir, Apa Itu?

Ibu Hamil Mudah Mengantuk? Ini Alasannya!