Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 8 Februari 2019 / Redaksi

5 Olahraga Mudah dan Aman untuk Ibu Hamil

Olahraga menjadi salah satu hal yang penting dilakukan bagi setiap orang untuk tetap menjaga kesehatannya. Hal ini pun sangat dianjurkan untuk diakukan oleh para ibu selama masa kehamilan. Meskipun tidak terlalu berat, melakukan olahraga akan sangat memengaruhi kesehatan ibu dan janin.

Jenis olahraga yang dipilih harus bersifat low impact atau memberikan beban yang lebih rendah pada sendi di setiap gerakan. Jika melakukannya dengan benar dan baik, olahraga akan sangat memberi manfaat, seperti memposisikan janin dekat ke jalur keluarnya dan melancarkan proses persalinan pada saatnya nanti, Moms.

Dengan rajin berolahraga, Moms akan tetap merasa bugar dan rasa sakit atau pegal yang dialami juga bisa jauh berkurang, sehingga Anda tetap dapat aktif selama hamil. Manfaat lainnya, dapat mengurangi risiko kegemukan dan melepaskan hormon endorfin yang membantu ibu untuk tetap tenang dan bahagia.



Yang perlu diperhatikan, sebelum melakukan olahraga, ada baiknya Moms berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai jenis olahraga yang tepat untuk kondisi kehamilan Anda. Dan untuk referensinya, berikut ini beberapa olahraga low impact untuk ibu hamil yang bisa Moms lakukan:

 

1. Yoga

Yoga memiliki manfaat untuk membuat tubuh lebih fleksibel. Gerakan yang dilakukan pun berfokus pada pelenturan otot, memperbaiki postur tubuh, dan menjaga keseimbangan seseorang. Jika Anda melakukannya selama hamil, yoga juga dapat mengurangi rasa tegang dan memperbaiki mood yang bisa berubah sewaktu-waktu menjadi lebih stabil.

 

2. Pilates

Gerakan pilates sebenarnya hampir mirip dengan yoga. Namun, ibu hamil biasanya dianjurkan untuk melakukan olahraga ini, karena gerakannya yang lebih sederhana. Terutama, untuk Moms yang sering mengalami sakit punggung. Pilates mampu memperbaiki postur tulang menjadi lebih baik serta lebih rileks saat proses persalinan.

 



3. Berenang

Berenang merupakan olahraga ringan yang dapat mengurangi risiko kecelakaan saat hamil. Dengan melakukan renang, Moms dapat melatih otot dan menjaga kesehatan jantung. Berenanglah dengan posisi telentang selama 15 menit dan lakukan 2 kali seminggu. Setelah selesai, minumlah air putih yang cukup untuk mengganti cairan tubuh. Berenanglah dengan santai, agar keamanan janin tetap terjaga.

 

4. Menari

Sudah terbukti bahwa menari bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Anda pun bisa mengajak teman lain untuk bergabung dan menari bersama. Dan selain menari, Moms juga bisa melakukan aerobik atau zumba dengan gerakan yang sederhana namun tetap membutuhkan power.

 

5. Dengan Gym Ball

Meskipun gym ball atau birthing ball biasa digunakan untuk mendukung gerakan olahraga lain, tetapi alat ini juga bisa Moms gunakan untuk olahraga di rumah. Gerakannya pun terbilang sederhana dan mudah dilakukan. Sebagai panduannya, Anda bisa melihat langkah-langkah dari video Youtube Mother&Baby berikut ini, Moms:

(Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik, Youtube M&B)

 

 


RELATED ARTICLE

Tips Menyiasati Sakit Maag saat Hamil

12 Gerakan Senam untuk Ibu Hamil yang Aman dan Mudah

Saat Hamil Jadi Mudah Lupa, Ini Penjelasannya

OTHER ARTICLES

Suami Terlalu Sibuk di Kantor? Lakukan 5 Hal ini, Moms!

Moms, Yuk Ketahui Jenis-jenis Tipe Terapi Autisme

Bagaimana Jika Janin Sakit sejak dalam Kandungan?

MB Fair Surabaya 2019

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!