Home - Nutrisi - Diet / 7 Februari 2019 / Redaksi

Tips Diet Aman Untuk Moms Pasca Melahirkan

Setiap wanita tentu ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, termasuk para Moms yang tetap aktif bekerja serta mengurus anak. Dan nyatanya, kesibukan yang dimiliki membuat waktu untuk mengurus diri sendiri menjadi berkurang Situasi ini pun menjadi semakin terasa berat, ketika Moms sedang hamil. Tubuh yang membesar membuat Moms stres. Padahal ini wajar terjadi, karena selama hamil Anda perlu memenuhi nutrisi tak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk janin di dalam kandungan.

Tak heran banyak ibu yang langsung memutuskan untuk diet atau mengurangi porsi makan pasca melahirkan. Bahkan, mereka sampai mengabaikan nutrisi yang masih dibutuhkan selama masa menyusui. Padahal, itulah yang penting untuk Si Kecil ketika ia masih menerima ASI eksklusif.




Rencanakan Sejak Hamil

Tentu ada cara untuk menyiasati kembalinya berat tubuh pasca melahirkan tanpa mengganggu proses menyusui. Pafitri, S. K. M., RD., pakar nutrisi dan diet, menyarankan agar ibu harus merencanakan kenaikan berat badan selama masa kehamilan. “Dengan merencanakan bobot tubuh yang naik saat hamil, maka hal ini akan memudahkan ibu untuk kembali ke bentuk tubuh idealnya pasca melahirkan,” jelas wanita yang dipanggil Ibu Paf, ditemui di Pacific Century Place, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pafitri, S. K. M., RD., pakar nutrisi dan dietition, menyarankan cara diet aman untuk ibu pasca melahirkan

Selain itu, Ibu Paf juga menambahkan bahwa ibu menyusui tidak boleh melakukan diet sembarangan. Sebab, hal ini dapat mengurangi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi melalui pemberian ASI. Ibu juga tidak boleh asal dalam mengonsumsi makanan selama masa menyusui tersebut.



Jika dirincikan, tambahan kebutuhan kalori ibu menyusui adalah 300 kalori saja. Cara menghitung kalori adalah 25 kalori per kg berat badan. Jadi, apabila berat badan Moms pasca melahirkan adalah 60 kg, maka kebutuhan kalori harian adalah 1500 kalori. Maka, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, Anda pun harus menambahkan 300 kalori, sehingga totalnya menjadi 1.800 kalori. Dengan begitu, kenaikan berat badan pun tidak melonjak terlalu tinggi. Dan perlu Moms ketahui, bahwa menyusui merupakan cara diet yang alami.

“Selama ibu menjaga pola makan dengan benar, tambahan makanan 300 kalori terpenuhi, dan jenis makanan yang dikonsumsi tepat, maka berat badan ideal akan cepat kembali,” tambah Ibu Paf. Ini menjadi satu cara diet yang menyenangkan dan bisa dijalankan tanpa membuat Moms stres tentunya.

Berat badan Moms pun akan stabil dalam waktu yang lama jika menjadikan hal ini sebagai kebiasaan. Sebab otak sudah memahami pola makan yang tepat untuk diri sendiri, sehingga kebiasaan baik ini juga akan bertahan untuk jangka panjang. Untuk menyeimbangkannya dengan cara yang menyenangkan, ada tiga langkah yang bisa Moms lakukan, yaitu Learn, Plan, and Do It. Selain memenuhi nutrisi dengan makanan tepat, Anda pun dapat mengonsumsi makanan pengganti dari WRP.

Salah satunya adalah WRP Meal Replacement yang merupakan susu diet pengganti sarapan dan makan malam yang berfungsi untuk mengontrol berat badan, dengan gizi yang lengkap. Kalorinya pun tertera dengan jelas, sehingga bisa membantu menjaga kalori sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Jadi, yuk, kembalikan bentuk tubuh ideal Anda dengan mengonsumsi WRP Meal Replacement, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik, M&B)

share to BBM

 

 


RELATED ARTICLE

Pentingnya Nutrisi Kesehatan untuk Masa Depan Anak

3 Tipe Diet Untuk Moms Agar Tubuh Tetap Sehat

Diet Bebas Gluten

OTHER ARTICLES

Ini Kiat Menstimulasi Anak di Weekdays dan Weekends

Tips dari Ahli untuk Mengatasi Masalah Kehamilan (3)

Gaya Keren 5 Celebrity Moms dan Anak Laki-Laki Mereka

Wujudkan Hidup Lebih Baik dengan Kecanggihan Teknologi

Disney On Ice: Pertunjukan Edukatif Nan Sarat Moral