Home - Keluarga - Seks & Pernikahan / 11 Februari 2019 / Redaksi

Anak Memergoki Anda Berhubungan Intim? Lakukan Ini

Moms, pernahkah Anda mengalami saat berhubungan intim dengan suami, tiba-tiba Si Kecil masuk ke kamar Anda dan melihat 'aksi' Anda berdua pasangan? Perasaan malu, khawatir, atau bahkan marah, biasanya akan dialami oleh orang tua yang tertangkap basah oleh anaknya saat sedang bercinta. Rileks Moms, tidak perlu merasa seperti itu. Hal ini juga dialami oleh sebagian besar orang tua di penjuru dunia, kok. Selalu ada cerita mengenai anak yang memergoki orang tuanya sedang berhubungan intim.

Ada banyak alasan mengapa Si Kecil tiba-tiba hadir di kamar Anda. Bisa jadi ia terbangun dari tidurnya dan tidak bisa tidur lagi sehingga ia masuk kamar Anda dan suami serta ingin tidur bersama. Atau bisa juga ia mendengar 'keributan' yang Anda dan pasangan buat, dan ingin tahu asal suara tersebut.

 

Tips yang Bisa Dilakukan

Jadi, bagaimana sebaiknya reaksi Anda jika dipergoki anak saat sedang bercinta? Berikut beberapa tips yang bisa Moms terapkan:

1. Jangan panik

Tetap tenang ya, Moms. Psikolog Judy Rosenberg, Ph.D dan penulis buku Be the Cause: Healing Human Disconnect menganjurkan agar orang tua tetap kalem jika menyadari bahwa Si Kecil sudah masuk ke kamar saat Anda dan suami sedang berhubungan intim.

“Kalau Anda panik, Si Kecil justru akan menilai reaksi tersebut sebagai sesuatu yang negatif. Anak akan berpikir kalau orang tuanya sedang melakukan hal yang dilarang,” ungkap Judy.

Kepanikan juga hanya akan membuat Si Kecil curiga tentang apa yang sedang Anda lakukan pada saat itu. Hentikan dahulu kegiatan Anda dengan santai dan tenang, seolah sedang tidak melakukan apa pun.

2. Tunggu reaksi anak

Pada dasarnya, balita tidak mengerti apa yang Anda lakukan. Meskipun begitu, tetaplah bersikap tenang dan natural. Yang juga perlu diperhatikan, sebelum Anda sibuk mencari alasan dan menjelaskan apa yang terjadi, ada baiknya Anda menunggu reaksi Si Kecil.

3. Beri penjelasan sederhana

Tapi bagaimana jika anak sudah cukup besar dan tahu tentang seks, apa yang mesti dilakukan? Besar kemungkinan ia akan berlari keluar kamar sambil berteriak sebelum Anda sempat menutup aurat. Bisa jadi juga kalau anak akan merasa malu menyaksikan hal tersebut.

Karena itu, Moms dianjurkan untuk memberi waktu pada Si Kecil, agar ia bisa 'tenang' terlebih dahulu setelah menyaksikan hal tersebut. Nah, setelah itu, Moms bisa berikan penjelasan pada Si Kecil dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Katakan juga padanya bahwa kegiatan Anda dan suami adalah kegiatan yang hanya dilakukan oleh orang dewasa. Jadi, Si kecil dilarang untuk meniru.

4. Buat peraturan

Anda dapat membuat kesepakatan dengan Si Kecil untuk selalu mengetuk pintu sebelum masuk kamar. Sebaliknya, Moms juga mengetuk kamar Si Kecil sebelum Anda masuk kamarnya agar Si Kecil mulai terbiasa.

5. Kunci Pintu

Tidak ingin lagi dipergoki sedang berhubungan intim? Ini saran paling mendasar dan mudah untuk dilakukan, sebenarnya. Selalu kunci pintu Anda sebelum Anda dan suami bercinta. Atau Moms juga bisa mencari spot lain seperti kamar mandi ataupun dapur. Selamat mencoba! (M&B/SW/Dok. Freepik)


RELATED ARTICLE

6 Ide Kado Valentine Romantis untuk Suami

Ide Quality Time Romantis Bersama Suami di Rumah

Saat Suami Melakukan Kekerasan Fisik dan Psikis

OTHER ARTICLES

Yuk, Kenali Tahapan Perkembangan Emosi Anak, Moms!

Apa yang Harus Dilakukan saat ASI Tak Keluar?

Milia, Bintik Putih pada Wajah Bayi, Bahaya atau Tidak?

Mengenal Seluk-Beluk Surrogate Mother

Waspadai 5 Penyakit yang Sering Menyerang Anak Sekolah