Home - Balita - Perawatan Balita / 16 Februari 2019 / Redaksi

4 Cara Merawat Luka Bakar Anak

Moms, Si Kecil yang sedang sangat aktif dan eksploratif bisa saja tersiram air panas, menyentuh lilin, atau memegang panci dan benda panas lainnya. Untuk luka bakar ringan seperti ini, Moms masih bisa melakukan pertolongan pertama baginya di rumah. Lakukan beberapa langkah berikut ini, Moms:

1. Dinginkan luka untuk meredakan sakitnya. Aliri area kulit yang terkena luka bakar dengan air dari keran (bukan air es) selama 10-15 menit atau sampai rasa sakitnya mereda. Anda juga bisa mengompresnya dengan handuk bersih yang telah dibasahi air keran.

2. Singkirkan pakaian atau apa pun yang menempel pada area sekitar luka bakar. Lakukan ini dengan cepat namun tetap hati-hati dan selembut mungkin, sebelum luka membengkak.



3. Jangan pecahkan kulit yang melepuh akibat luka bakar. Bila kulit yang melepuh pecah, bersihkan area tersebut secara perlahan dengan sabun dan air, lalu oleskan salep antibiotik.

4. Tutup luka bakar menggunakan kasa steril. Selain melindunginya dari kuman, hal ini juga bertujuan untuk mencegah luka semakin parah.




Yang Perlu Diperhatikan

• Cara ini hanya bisa diterapkan pada luka bakar ringan.

• Pemberian pelembap, losion aloe vera, atau krim hidrokortison dosis rendah juga bisa dilakukan untuk menyembuhkan luka.

• Bila diperlukan, Moms bisa memberikan Si Kecil ibuprofen atau acetaminophen sebagai pereda nyeri.

• Bila terjadi infeksi atau rasa sakit yang tak juga reda, segera bawa Si Kecil ke dokter ya, Moms! (M&B/Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Moms Perlu Tahu, Ini Gejala-Gejala Kanker pada Anak

Anak Batuk Psikogenik, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Waspada DBD! Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

OTHER ARTICLES

Nama Anak bisa Pengaruhi Kreativitas & Percaya Dirinya

Sebaiknya Waspada! Ini Bahaya Kabut Asap buat Ibu Hamil

Mata Balita Minus? Ini Penyebabnya, Moms

Nyeri saat Menyusui? Ketahui 7 Fakta Mastitis, Moms!

Teori-teori Tentang Parenting yang Tidak Ada di Buku