Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 14 Februari 2019 / Redaksi

4 Posisi Menyusui yang Benar agar Sukses ASI Eksklusif

Usai melahirkan, tugas penting seorang ibu adalah menyusui buah hatinya agar Si Kecil mendapat cukup nutrisi untuk tumbuh sehat dan cerdas. Meskipun demikian, langkah ini pun tidak mudah dan butuh latihan dalam melakukannya.

Kendala saat pertama kali menyusui sangat umum dialami oleh seorang ibu, terutama yang baru pertama kali melahirkan, mulai dari merasa terlalu lelah usai persalinan, belajar cara memposisikan bayi saat menyusui, kenyamanan selama menyusui, hingga ketika Si Kecil kesulitan menempel pada puting payudara Anda. Belum lagi kekhawatiran dari Moms apakah bayi mendapatkan ASI yang cukup.

Nah, bagi ibu baru, awal mulai ‘belajar’ menyusui Si Kecil mungkin tidak mudah dan seringkali diwarnai dengan tangisan Si Kecil Jika Anda salah satunya, jangan putus asa dulu Moms, karena Anda tidak sendiri. Ya, banyak ibu baru yang awalnya mengalami kesulitan dalam menyusui bayinya. Namun dengan kesabaran, usaha, dukungan, dan posisi menyusui yang benar, masalah tersebut pasti bisa segera berlalu, Moms.



Ya, posisi memang menentukan prestasi. Untuk itu, penting bagi para Moms dan calon Moms untuk mengetahui posisi menyusui yang benar agar ASI mengalir lancar tanpa hambatan. Seperti apa sih posisi menyusui yang benar? Simak beberapa pilihan posisi menyusui dari American Pregnancy Association berikut ini, dan temukan posisi yang paling nyaman untuk Anda dan Si Kecil.

 

1. Posisi Cradle

Dengan kata lain, ini adalah posisi menyusui sambil menimang bayi. Caranya, timang Si Kecil menggunakan satu tangan, kemudian sandarkan kepala bayi di lekukan lengan Anda. Pastikan perut bayi bertemu dengan perut Anda, sehingga mulutnya bisa melekat sempurna ke payudara Anda. Agar lebih nyaman, Moms bisa menyematkan bantal di bawah badan bayi untuk menopangnya.

 

2. Posisi Cross-Cradle

Ini mungkin posisi paling nyaman untuk ibu baru yang sedang belajar menyusui. Awalnya mungkin Moms merasa posisi ini aneh, namun lama-kelamaan akan semakin nyaman karena Anda bisa menggunakan kedua tangan untuk menyusui.

Caranya, gunakan telapak tangan untuk menopang tubuh Si Kecil, kemudian gunakan sisi yang sama dengan kepala bayi untuk mengangkat payudara Anda.



 

3. Posisi Football

Posisi ini tepat untuk Anda yang baru belajar menyusui atau yang memiliki bayi mungil. Ini juga cocok untuk Moms yang memiliki anak kembar atau yang baru melahirkan secara caesar, lho.

Caranya, Moms perlu bersandar di kursi, letakkan bantal pada satu sisi tubuh, gunakan bantal tersebut untuk menopang siku dan menyandarkan bayi. Jika bayi sudah bersandar di bantal, hadapkan ke Anda, topang leher dan punggungnya menggunakan satu tangan, dan gunakan tangan lain untuk mengangkat payudara Anda ke mulut bayi.

 

4. Posisi Side Lying

Berbaringlah di tempat tidur, baringkan juga Si Kecil dalam keadaan saling berhadapan dengan Anda. Pastikan perutnya dan perut Anda saling bertemu. Anda bisa menyematkan sesuatu di belakang badan bayi untuk menopang tubuhnya agar tidak telentang. Ini mungkin posisi paling sederhana dan mudah membuat bayi tidur.

Mana posisi menyusui favorit Anda, Moms? Bagaimana pun posisinya, selama Anda menemukan posisi yang nyaman saat menyusui, maka bayi juga akan happy menyusu dan ASI Anda pun akan keluar dengan lancar tanpa hambatan. Selamat menyusui Si Kecil, Moms! (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)

share to BBM

 

 


RELATED ARTICLE

4 Cara Menyimpan ASI Perah dengan Baik

Cara Menyimpan ASI Perah yang Tepat

Tips Memerah ASI yang Tepat

OTHER ARTICLES

6 Jenis Alat Kontrasepsi Hormonal untuk Wanita

Cara Mudah Mengeluarkan Ingus pada Bayi

7 Cara Ajarkan Anak Bertanggung Jawab

Tips Menyiapkan Kamar Bayi yang Aman dan Nyaman

Belanja Produk Lokal Penuh Promo di Market & Museum