Mother&Baby Indonesia
5 Hal yang Perlu Anda Lakukan setelah Gajian

5 Hal yang Perlu Anda Lakukan setelah Gajian

Bagi Anda Moms yang bekerja kantoran, tanggal yang paling dinantikan setiap bulannya tentu saja adalah tanggal gajian. Meskipun begitu, terkadang permasalahan setiap bulan selalu berakhir sama, gaji yang Anda peroleh selalu habis sebelum waktunya.

Padahal masih ada banyak kewajiban yang harus dibayarkan dan kebutuhan rumah tangga yang harus dibeli. Nah, agar masalah ini tidak terus menerus menimpa Anda setiap habis gajian, saatnya Anda menyusun strategi keuangan, Moms.

Saat Anda menerima gaji, ini beberapa hal yang sebaiknya dikeluarkan dari penghasilan Anda tiap bulannya, Moms.



1. Beramal. Sebagian dari penghasilan yang Anda peroleh, ada milik orang lain di dalamnya. Selain itu, memberikan kembali dan berbagi kepada orang-orang atau komunitas yang membutuhkan akan memberikan Anda ketenangan jiwa.

2. Asuransi. Banyak orang yang belum memahami fungsi asuransi, padahal asuransi bisa melindungi Anda dan keluarga dari hal-hal yang tak terduga.

3. Membuat Prioritas. Buatlah daftar kebutuhan Anda dan keluarga setiap bulan. Dahulukan dan urutkan kebutuhan sesuai tujuan, mulai dari kebutuhan yang paling penting, lebih penting, hingga yang kurang penting. Pisahkan mana yang primer (seperti bayar sekolah, belanja bulanan, belanja harian), sekunder (membeli baju, tas, sepatu), atau tersier (liburan atau membeli gadget baru).

4. Menabung. Ini memang sulit, tapi harus dilakukan, Moms. Anda harus bersikap tegas terhadap diri sendiri. Sisihkan 10 hingga 30 persen dari gaji Anda untuk menabung. Manfaatnya memang tak langsung terasa, tapi akan sangat bermanfaat untuk jangka panjang.

5. Investasi. Anda tidak ingin memasuki usia pensiun dengan tidak punya uang, kan? Untuk itu, bernvestasilah mulai dari sekarang, Moms.




Yang Perlu Dilakukan

Dalam bukunya yang berjudul Make It Happen!, perencana keuangan independen Prita Hapsari Ghozie, menulis:

1. Jangan suka mengeluh penghasilan saya tidak cukup. Benahi pengeluaran Anda setiap bulan. Buat jadi cukup!

2. Jangan suka berhalusinasi, pastikan kita tahu apa saja yang kita punya dan kemana saja uang itu pergi.

3. Hitung berapa banyak aset dan kewajiban yang kita miliki per hari ini.

4. Punya money diary.

5. Lakukan financial check up.

Semoga dengan melakukan dan memprioritaskan uang dari gajian yang Anda peroleh, Anda tidak akan lagi mengalami kehabisan uang sebelum gajian tiba bulan berikutnya tiba ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   keuangan,   gajian








Cover September 2019

Related Article