Home - Keluarga - Mums Know Best / 27 Februari 2019 / Redaksi

20 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti Moms tidak bisa bekerja dan memiliki penghasilan sendiri. Saat ini ada banyak kesempatan bisnis ibu rumah tangga yang bisa Anda lakukan tanpa perlu meninggalkan rumah dan Si Kecil. Berikut ini 20 ide peluang bisnis untuk Anda ibu rumah tangga yang bisa dicoba, Moms.


1. Tempat Makan

Jika rumah Anda terletak dekat area perkantoran, kampus, atau pemukiman padat, kenapa tidak coba membuka usaha tempat makan? Apalagi jika ternyata Anda gemar memasak dan mampu membuat beraneka ragam masakan enak. Perhatikan juga kebersihan warung Anda agar semakin menarik banyak pelanggan untuk datang.




2. Katering

Jika Moms hobi masak tapi tidak tertarik untuk membuka usaha tempat makan, Anda bisa menjalankan bisnis katering. Moms bisa memulai dengan menawarkannya kepada orang-orang terdekat, seperti tetangga, teman, atau kerabat. Anda juga bisa mempromosikan jasa katering untuk kantor melalui suami. Setelah berkembang, Anda mungkin tertarik untuk melayani katering acara-acara tertentu, seperti ulang tahun, pernikahan, akikah, dan sebagainya


3. Cake dan Bakery

Siapa sih yang tidak suka dengan kue? Tapi tidak semua orang bisa membuatnya. Jadi jika Anda punya keahlian tersebut, jangan disia-siakan. Untuk pemasaran, ada beberapa alternatif yang bisa Anda pilih. Anda bisa membuka toko kue dan menjualnya secara langsung atau menitipkannya di toko-toko kue atau penjual makanan. Anda juga bisa mempromosikan kue buatan Anda lewat medsos dan membuka pemesanan dari situ.


4. Jus dan Minuman Segar

Berjualan jus dan minuman segar memang sudah umum, tapi Anda bisa mencoba berjualan dengan konsep yang berbeda, contohnya jus tanpa pemanis buatan dan dari buah-buahan segar. Anda bisa membuka tempat kecil di rumah atau melayani permintaan melalui pesan singkat lewat smartphone. Jika masih ada sisa buah, Anda bisa buatkan jus untuk Si Kecil dan keluarga Anda.


5. Toko Kelontong

Jika ada lahan atau ruangan cukup di rumah, Moms bisa memanfaatkannya dengan membuka usaha toko kelontong. Tidak hanya makanan pokok (sembako), Anda juga bisa berjualan barang-barang lain untuk keperluan sehari-hari, seperti sabun, sampo, makanan ringan, dan kue-kue buatan. Usaha ini mudah dilakukan dan waktunya fleksibel sehingga tidak mengganggu waktu Anda untuk anak dan keluarga.


6. Jasa Laundry

Usaha laundry pakaian tidak perlu keterampilan khusus, kecuali kemampuan mencuci dan menyeterika, yang tentunya sudah jadi 'makanan' harian bagi kebanyakan ibu rumah tangga. Untuk mendukung usaha ini, Moms harus punya perlengkapan memadai. Bisnis ini sangat menguntungkan jika lokasinya strategis, misalnya di area kampus, boarding school, atau pemukiman padat.


7. Jasa Titip

Pesatnya perkembangan media sosial membuat bisnis jasa titip atau lebih dikenal dengan istilah jastip jadi peluang baru yang menggiurkan. Moms tidak perlu modal besar. Cukup mengunjungi pusat belanja atau event pameran tertentu, foto produk yang akan dijual, dan unggah lewat medsos Anda. Setelah Anda memberi detail keterangan produk dan harganya, calon pembeli bisa menghubungi Anda untuk memesan produk tersebut lewat Anda.


8. Bisnis Online

Bisnis model ini sedang marak, karena mudah dijalankan di mana saja, termasuk di rumah. Anda bisa memulai usaha secara kecil-kecilan, seperti jasa dropship, produk rumahan, baju dan aksesori anak, maupun makanan khas tradisional. Walaupun mudah dijalankan, Anda sebaiknya mengelola bisnis ini dengan profesional agar bisa berkembang cepat, Moms.


9. Busana Muslim

Tren busana Muslim tengah diminati saat ini di mana semakin banyak orang yang memilih gaya berbusana Islami, terutama menjelang Hari Raya. Ada banyak ragam yang bisa dipasarkan, dari hijab, gamis, baju koko, mukena, hingga sajadah. Untuk awal, Anda bisa menawarkan secara langsung kepada keluarga atau sahabat. Setelah berkembang besar, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa atau memiliki sebuah outlet.


10. Perlengkapan Bayi dan Balita

Sebagai seorang ibu rumah tangga, Moms pasti paham tentang keperluan bayi dan barang apa saja yang mereka butuhkan. Untuk itu, Anda bisa menjual barang-barang keperluan bayi dan balita, mulai dari makanan, popok, hingga makanan atau camilan khusus bayi dan balita




11. Penyewaan Peralatan Bayi

Harga perlengkapan bayi relatif menguras kantung orang tua baru. Penggunaannya pun juga tidak lama. Anda bisa memanfaatkan perlengkapan anak milik pribadi dan teman-teman Anda yang sudah tidak dipakai untuk disewakan, seperti stroller, tempat tidur bayi, mainan, dan sebagainya.


12. Kursus dan Les Privat

Bagi Moms yang suka mengajar, memberikan kursus dan les privat bisa jadi pilihan. Selain mudah, bisnis ini juga memiliki waktu fleksibel, menyesuaikan waktu luang Anda. Tak hanya pelajaran formal, Anda juga bisa mengajarkan keahlian lain, seperti bermain alat musik, memasak, membuat kue.


13. Penulis Lepas

Beberapa perusahaan media membuka kesempatan bagi para penulis lepas untuk membuat artikel-artikel ringan. Anda juga bisa mencobanya! Bermodal kemampuan menulis, Anda tetap bisa berkarya dari rumah dan tidak harus datang ke kantor setiap hari.


14. Penerjemah Bahasa Asing

Nah, bila Moms memiliki kelebihan dalam penguasaan bahasa asing, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi penerjemah bahasa asing. Anda bisa mencari lewat internet untuk memperoleh beraneka ragam pekerjaan penerjemahan.


15. Jasa Menjahit

Jika Moms salah satu ibu rumah tangga yang punya keterampilan menjahit, Anda bisa membuka jasa menjahit. Dengan modal sebuah mesin jahit serba guna, Anda dapat mengembangkan keahlian Anda tersebut. Lengkapi pula kemampuan Anda dengan pengetahuan mengenai tren busana, sehingga Anda juga bisa memberikan masukan pada orang yang ingin menjahit pakaiannya pada Anda.


16. Aksesori Wanita

Wanita pasti butuh aksesoris untuk menunjang penampilannya. Aksesoris seperti, kalung, gelang, anting, cincin, bros, maupun scarf bisa Anda jual dan promosikan baik melalui keluarga dan teman-teman Anda maupun lewat medsos milik Anda untuk menjaring pembeli.


17. Usaha Salon dan Spa Rumahan

Bila Moms punya keahlian dalam menata rambut, kenapa tidak coba membuka usaha salon rumahan? Manfaatkan tetangga dan teman-teman sebagai pelanggan Anda. Begitu juga dengan usaha spa rumahan, bisa Anda kelola dengan harga lebih murah daripada tempat spa khusus. Jika hasilnya memuaskan, pastinya bisnis ini akan berkembang.


18. Daycare

Tempat penitipan anak sangat dibutuhkan oleh para orang tua bekerja di kota-kota besar. Nah, Anda bisa mengajak beberapa teman untuk membuka bisnis ini, Moms. Sediakan sebuah rumah yang cukup luas sebagai tempat daycare.


19. Desainer Grafis

Jika Moms adalah seorang sarjana desain, bisnis ini bisa jadi peluang untuk Anda, karena desain grafis banyak dibutuhkan. Dengan modal komputer dan aplikasi standar industri Photoshop dan Adobe Illustrator, Anda dapat memulai belajar membuat desain-desain sendiri.


20. Fotografi

Jika Anda mencintai dunia fotografi, Anda bisa menjadi fotografer freelance dan menjual hasil karya Anda ke sejumlah website foto, seperti 123rf.com, istockphoto.com, shutterstock.com, dan banyak lagi lainnya. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Tips Mengambil Hati Mertua agar Jadi Menantu Kesayangan

Perhatikan Ini Sebelum Posting Foto Anak di Medsos

Moms, ini 5 Cara Tepat Menyimpan Beras

OTHER ARTICLES

Apakah Anda Terlalu Keras pada Anak? Ini Tanda-Tandanya

Waspada! Ini Bahaya Memakaikan Perhiasan pada Bayi

Ingin Mendonorkan Darah? Ini yang perlu Anda Perhatikan

Tren Fashion Terkini untuk Si Kecil

Bagaimana Meyakinkan Orang Tua dengan Pola Asuh Kini?