Home - Nutrisi - Nutrisi / 26 Februari 2019 / Redaksi

5 Hal yang Harus Ada di Piring Makan Anak

Para Moms tentu tahu bahwa anak-anak perlu makanan yang sehat dan seimbang. Tetapi tahukah Anda jenis makanan apa dan seberapa besar porsi diet yang sehat dan seimbang? M&B menyampaikan porsi harian mereka dalam piring ini. Perlu diperhatikan bahwa batita Anda membutuhkan 3 kali makan per hari, dan 2-3 kali camilan antara waktu makannya. Berdasarkan usia anak 2-6 tahun, inilah porsi harian yang sehat dan seimbang untuk Si Kecil, Moms.


Sayuran: 3 Porsi

Ukuran per porsi: ½ cup sayuran potong, atau 1 cup daun sayuran hijau mentah.




Buah-Buahan: 2 Porsi

Ukuran per porsi: 1 potong buah-buahan, atau ¾ cup jus buah murni, atau ½ cup buah kalengan, atau ¼ cup buah kering.


Susu dan Turunannya: 2 Porsi

Ukuran per porsi: 1 cup susu atau yoghurt, atau 2 ons keju.


Protein: 2 Porsi

Ukuran per porsi: ½ cup kacang-kacangan, atau 2 butir telur, atau 25 gram daging, ayam, atau ikan.


Karbohidrat: 6 porsi

Ukuran per porsi: 1 potong roti, atau ½ cup nasi, atau ½ cup pasta, atau ½ cup sereal.


“Pemberian makan ini tidak hanya urusan kualitas dan kuantitas, tetapi merupakan kegiatan interaktif antara anak dan pemberi makan.”
-Ikatan Dokter Anak Indonesia-


3 Aturan Makan yang Harus Diterapkan pada Anak

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ada 3 aturan makan yang sebaiknya diterapkan pada anak, yaitu:

1. Terjadwal

• Jadwal makan termasuk snack teratur dan terencana.

• Lama makan tidak lebih dari 3 menit.



• Di antara waktu makan hanya boleh mengonsumsi air putih.


2. Lingkungan Mendukung

• Netral, tidak dipaksa meskipun anak hanya makan 1-2 suap.

• Jangan memberikan makanan sebagai hadiah.

• Tidak makan sambil bermain atau menonton televisi, dan sebagainya.


3. Prosedur Makan yang Baik

• Porsi kecil.

• Hentikan pemberian makan jika setelah 15 menit anak bermain-main tanpa makan.

• Hentikan pemberian makan jika anak tampak kesal dan membuang-buang makanannya.

• Anak dimotivasi untuk makan sendiri.

• Membersihkan mulut hanya setelah makan selesai.


Tahukah Anda?

Menambah zat besi dalam makanan Si Kecil dapat menolong memacu kinerja mentalnya. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 200 anak menyimpulkan bahwa tambahan zat besi yang dikonsumsi dapat meningkatkan daya ingat mereka. Zat besi dapat dijumpai dalam susu, kacang-kacangan, sereal yang diperkaya zat besi, dan daging merah. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Aturan Memberikan Camilan Sehat untuk Balita

Omega-3 bisa Kurangi Sikap Agresif pada Anak Lho, Moms

7 Camilan Sehat untuk Si Kecil yang Suka Menunda Lapar

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda