Mother&Baby Indonesia
Aturan Memberikan Camilan Sehat untuk Balita

Aturan Memberikan Camilan Sehat untuk Balita

Sama seperti orang dewasa, balita juga perlu menyelipkan camilan di antara jadwal makan utamanya. Makanan selingan ini memastikan kecukupan asupan kalori serta nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Kecil. Hanya pastikan, camilannya sehat ya, Moms. Ini beberapa aturan yang mesti Anda perhatikan untuk memberikan camilan pada Si Kecil, Moms.


1. Harus Sehat

Menurut American Academy of Pediatrics, Moms sebaiknya memasukkan makanan sehat dan seimbang dalam menu camilan untuk Si Kecil. Buah segar, buah kering, sayur, produk susu dan olahannya, roti, maupun sereal, bisa menjadi pilihan camilan yang sehat.




2. Simpel dan Mudah Digigit

Camilan yang diberikan kepada balita hendaknya mudah dipegang dan dipotong dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar ia tidak tersedak. Moms bisa memotong dalam ukuran kecil, meringis tipis, atau memarut camilan Si Kecil untuk memudahkannya mengunyah camilan tersebut.


3. Porsi Kecil

Porsi camilan, seperti dilansir dari Kidshealth, tidak perlu dalam jumlah yang banyak. Sebagai panduan, untuk camilan yang diberikan antara sarapan dan makan siang, Moms bisa menyajikan setengah cangkir (118 ml) susu dengan seperempat cangkir (57 gram) sereal. Di sore hari, berikan setengah pisang dengan setengah cangkir susu.




4. Hindari Makanan Olahan

Saat memberikan camilan pada anak, pilihlah makanan segar. Sebaliknya, Anda sebaiknya hindari memberikan Si Kecil makanan olahan karena nilai gizinya yang cenderung rendah dan mengandung tinggi garam serta gula tambahan. Selain itu, anak yang mengonsumsi makanan olahan biasanya cepat lapar.


5. Aneka Warna

Tata camilan aneka warna, seperti stroberi, pisang, susu, yoghurt, maupun sereal, untuk menunjukkan keindahannya sehingga menarik minat balita untuk memilih dan menyantapnya. Moms juga bisa menceritakan asal usul makanan tersebut serta petani yang menanamnya. Hal ini bisa membuat acara makan camilan Si Kecil lebih seru, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   anak,   camilan,   jadwal makan










Cover April 2020