Mother&Baby Indonesia
7 Camilan Sehat untuk Si Kecil yang Suka Menunda Lapar

7 Camilan Sehat untuk Si Kecil yang Suka Menunda Lapar

Menikmati camilan atau akrab disebut ngemil sepertinya tidak hanya disukai orang dewasa saja, karena anak-anak pun pasti suka ngemil. Bahkan tak jarang, banyak anak yang lebih suka ngemil dibanding menikmati makanan utama. Namun itu jangan sampai terjadi pada Si Kecil ya, Moms, karena makanan utama tetap harus menjadi prioritas.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), camilan adalah makanan yang dikonsumsi di antara jadwal makanan utama, tepatnya di antara makan pagi dan makan siang, serta di antara makan siang dan makan malam.

IDAI juga menyarankan untuk memberikan Si Kecil camilan yang bernutrisi dan sehat, karena camilan bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang mungkin tidak bisa didapat jika hanya mengonsumsi makanan utama saja.



Apa saja sih camilan yang baik diberikan untuk anak dan bisa membuatnya cukup kenyang hingga waktu makan utama tiba? Simak beberapa pilihan camilan sehat berikut ini yuk, Moms.


1. Keju

Tidak hanya kaya protein dan kalsium, keju juga bisa memuaskan perut anak hingga tiba waktunya menikmati makanan utama. Agar ngemil keju lebih seru dan menarik, potong keju menjadi bentuk-bentuk lucu menggunakan cookie cutter. Moms juga bisa berkreasi dengan keju, seperti membuat sate buah dan keju. Anak pasti suka deh, Moms.


2. Yoghurt

Moms bisa memberikan yoghurt untuk Si Kecil. Selain kaya kalsium, yoghurt juga tinggi nutrisi lainnya dan pasti disukai anak. Agar yoghurt semakin menggiurkan, Moms bisa mencampurnya dengan potongan buah, tuang ke cetakan es krim, bekukan. Wah, camilan seperti ini bisa dinikmati seluruh anggota keluarga juga.


3. Puding Susu

Salah satu camilan rekomendasi IDAI ini sudah pasti enak, padat nutrisi, dan mudah dibuat. Campuran buah juga bisa membuat puding susu menjadi lebih menarik lho, Moms.




4. Keripik Kayu Manis

Moms bisa membuat keripik sehat dari kulit lumpia yang dipotong menggunakan cookie cutter, dibubuhi kayu manis, dan digoreng. Untuk anak di atas 1 tahun, Anda bisa membubuhkan gula bubuk. Untuk Si Kecil yang masih berusia 6-12 bulan, keripik kayu manis ini juga aman dikonsumsi, lho.


5. Smoothies

Enak, kaya nutrisi, mudah dibuat, dan tentu saja disukai Si Kecil. Moms bisa membuat smoothies dari buah-buahan favorit anak, seperti mangga, stroberi, pisang, dan peach. Campurkan saja susu, buah, dan sedikit yoghurt ke dalam blender. Sajikan di gelas yang menarik ya, Moms.


6. Buah Segar

Sedang tidak punya ide untuk berkreasi dengan buah-buahan? Sajikan saja buah segar di wadah yang menarik. Moms bisa memotong buah dengan bentuk yang lebih menggiurkan dan dalam ukuran sekali gigit. Anak pasti tidak akan menolaknya, deh.


7. Kacang-Kacangan

Salah satu jenis kacang-kacangan yang biasanya disukai anak adalah almond. Jika anak tidak alergi kacang, almond tentu saja baik untuk dijadikan camilan Si Kecil. Almond kaya akan serat, protein, vitamin E, kalsium, zinc, potassium, magnesium, lemak tak jenuh, dan banyak nutrisi lainnya. Namun hati-hati memberikan almond pada anak di bawah 3 tahun, karena berpotensi membuatnya tersedak. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: camilan,   anak,   balita








Related Article