Home - Kesehatan - Kesehatan / 21 Februari 2019 / Redaksi

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Pada musim pancaroba yang cuacanya tidak menentu ini, tekanan udara, suhu, serta komposisi udara akan berubah sehingga menyebabkan kuman dan virus mudah berkembang. Perubahan tersebut akan berpengaruh pada daya tahan tubuh. Sehingga bila Anda tidak menjaga kesehatan tubuh dengan baik, penyakit pun akan mudah menyerang.

Batuk merupakan salah satu penyakit yang mudah menyerang di musim ini. Menurut dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI, bila Anda batuk lebih baik untuk memeriksakannya segera agar tahu diperlukannya antibiotik atau tidak. Karena pemberian antibiotik tidak bisa diberi secara sembarangan dan harus berdasarkan resep dokter. Terlebih lagi bila batuk yang Anda alami sudah berlangsung lama.

“Bila batuk sudah berlangsung selama 2 minggu, demam, berat badan menurun, maka sebaiknya segera diperiksakan untuk mengetahui apakah adanya tanda-tanda infeksi, misalnya tuberkolosis,” ujarnya saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, 19/2/2018.

Batuk tidak bisa disepelekan karena pada situasi tertentu bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Berdasarkan data Riskesdas tahun 2013, 25% penduduk Indonesia menderita ISPA. Hal ini pun menunjukkan bahwa angka penderita ISPA di Indonesia masih tinggi. Menurut dr. Wiendra, ISPA harus diwaspadai. “ISPA jangan dianggap sepele. Kalau tidak ada pencegahan sejak awal bisa berbahaya dan mematikan,” ungkapnya.




Tips Terhindar dari ISPA

Sebagai langkah pencegahan, dr. Wiendra memberikan beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari ISPA seperti:

• Rajin mencuci tangan dengan sabun, terutama saat beraktivitas di tempat umum.

• Hindari rokok.

• Konsumsi vitamin dan makan makanan dengan gizi seimbang.



• Lakukan aktivitas fisik setiap hari atau rajin berolahraga.

• Untuk Si Kecil, pastikan tetap diberi ASI dan melakukan vaksinasi flu.



Selebriti sekaligus Healthy Family Influencer, Nirina Zubir, juga sangat mementingkan kesehatannya dan keluarga di musim pancaroba seperti sekarang ini. Ditemui di tempat yang sama, ia membagikan tipsnya untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit, misalnya degan cara rajin berolah raga.

“Saya bukan orang yang olah raganya hanya di satu cabang saja. Kalau lagi musim pancaroba seperti ini, saya kurangi olah raga outdoor.  Saya tetap olah raga 3 kali seminggu lah. Jangan sampai tidak beraktivitas sama sekali pokoknya,” ujar ibu dari 2 orang anak ini. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik, Bisolvon)

 

 


RELATED ARTICLE

Mengenal Lebih Jauh Layanan Vaksinasi di Rumah

Amankah Mengonsumsi MSG saat Hamil?

Sunat pada Anak Laki Sama Pentingnya dengan Imunisasi

OTHER ARTICLES

Yuk, Kenali Tahapan Perkembangan Emosi Anak, Moms!

Apa yang Harus Dilakukan saat ASI Tak Keluar?

Milia, Bintik Putih pada Wajah Bayi, Bahaya atau Tidak?

Mengenal Seluk-Beluk Surrogate Mother

Waspadai 5 Penyakit yang Sering Menyerang Anak Sekolah