Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Efek Jika Anak Hobi Nyanyi Lagu Dewasa

Moms, Ini Efek Jika Anak Hobi Nyanyi Lagu Dewasa

Tingkah laku Si Kecil memang terasa selalu menyenangkan ya, Moms! Apalagi ketika mereka mulai bergoyang sambil menyanyikan lagu yang seru. Tetapi, sadarkah Anda bahwa lagu yang ia nyanyikan tersebut sebenarnya diperuntukkan bagi orang dewasa?

Jika anak Anda selalu diperdengarkan lagu-lagu tersebut atau bahkan ia hobi menyanyikan lagu dewasa, hal ini dapat memberikan efek negatif, terutama bagi tumbuh kembangnya. Karena menurut psikolog anak, Dr. Seto Mulyadi, tingkah laku anak sebenarnya bisa dipengaruhi dari kebiasaan menyanyinya.

Sebagai contoh, saat Si Kecil menyanyikan lagu Sayang Semua, ia belajar untuk berhitung. Dan di waktu bersamaan, ia pun bisa mengenal anggota keluarga serta menumbuhkan rasa sayang yang ia miliki untuk keluarganya.



Sedangkan pada lagu untuk dewasa, lirik yang terucap mungkin adalah kata atau bahasa yang belum ia pahami sepenuhnya. Misalnya, lagu dengan tema perselingkuhan, galau karena cinta, hingga lagu yang memiliki lirik dengan banyak kata kasar di dalamnya.


Bernyanyi Tanpa Tahu Arti

Karena keunikan dalam pengucapannya, biasanya Si Kecil akan menyanyikan lagu tersebut secara asal dengan gayanya yang terlihat sangat tahu dengan arti kata tersebut. Dan hal ini bisa membuat orang lain yang melihatnya tertawa serta gemas.

Situasi ini akan membuat anak berpikir bahwa yang dilakukannya adalah sesuatu yang lucu dan menyenangkan. Ia pun akan mengulangi untuk mengucapkan kata-kata tersebut, meski secara tidak sadar. Padahal kata itu bisa saja bermakna negatif, tapi anak Anda tidak mengetahuinya.

Jika ini terjadi, ia akan memahami makna atau arti kata-kata yang bersifat negatif itu lebih cepat daripada usianya. Kondisi tersebut bisa memengaruhi emosi serta kemampuan verbal Si Kecil, terutama jika ia sudah bergaul dengan teman-temannya. Akan ada kemungkinan bahwa anak Anda akan mengucapkan kata-kata yang tidak sepatutnya ia ucapkan. Misalnya, mengatakan kata-kata sumpah serapah ketika berada di situasi atau berhadapan dengan hal yang tidak ia sukai.




Pentingnya Peran Orang Tua

Apabila Si Kecil sudah telanjur mengenal lagu-lagu orang dewasa, orang tua harus bisa menjelaskan makna dari lagu tersebut. Penjelasan itu tentunya disertai dengan bahasa yang sesuai dengan usia perkembangan anak. Arahkan juga kepada makna yang positif, seperti mencintai seseorang tidak hanya dengan lawan jenis, tetapi untuk orang tua atau anggota keluarga lainnya.

Tak apa jika sesekali mendengarkan lagu-lagu tersebut. Tetapi, ajak Si Kecil berdiskusi juga mengenai makna dari lagu yang ia dengarkan. Jadi, ia yang menentukan apakah lagu yang ia dengarkan mempunyai arti yang baik atau buruk untuknya.

Lalu, jika anak ditanya tentang lagu kesukaan mereka, kira-kira apa jawabannya? Kalau Moms penasaran, simak jawaban dari anak-anak ini, yuk!



(Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik, Youtube M&B)



Tags: anak,   balita,   lagu anak,   lagu dewasa,   anak nyanyi lagu dewasa