Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 4 Februari 2019 / Redaksi

Moms, Ini 5 Makanan saat Imlek yang Aman untuk Anak

Menyambut Imlek atau Tahun Baru China menjadi momen yang pas berkumpul dengan keluarga. Si Kecil pun bisa Moms ajak untuk berkenalan dengan anggota keluarga lainnya. Selain itu, ia pun bisa dikenalkan dengan makanan khas yang ada saat perayaan Imlek. Tetapi, tidak semua makanan bisa Moms berikan kepadanya. Ada beberapa makanan yang aman dan baik untuk bisa Si Kecil konsumsi saat merayakan Imlek. Apa sajakah itu? Cek di sini, Moms.


Mi Goreng

Mie goreng, makanan khas saat Imlek



Salah satu makanan yang wajib ada di pesta perayaan Imlek adalah mi goreng. Mi goreng ini juga umumnya dihidangkan saat ulang tahun oleh masyarakat Tionghoa. Bagi mereka, mi menjadi simbol dari umur panjang, kebahagiaan, dan rezeki yang berlimpah. Sebagai pelengkap, mi goreng bisa disajikan dengan campuran sayuran, seafood, atau ayam yang juga lezat untuk Si Kecil.


Ikan

Saat Imlek, ikan juga tidak boleh ketinggalan untuk dicicipi, Moms. Biasanya ikan yang disajikan adalah bandeng kukus, dan masih utuh dari kepala hingga ekor. Ini menjadi simbol untuk memulai tahun baru dengan keberuntungan dan menghindari hal-hal yang buruk. Dan pastinya, juga penuh gizi terbaik untuk Si Kecil.


Kue-kue dan Manisan

Kue mangkun, hidangan manis khas Imlek

Imlek identik dengan beragam kue manis seperti kue keranjang atau kue mangkok, dan beragam manisan lainnya. Dengan memakannya, diharapkan kehidupan menjadi semakin manis dan sejahtera, serta diberi rezeki yang selalu mekar. Si Kecil pun bisa mengonsumsinya, namun jangan terlalu banyak agar tidak membuat giginya berlubang setelah makan makanan manis. Jangan lupa juga untuk mengajak Si Kecil menggosok giginya setelah makan makanan manis ya, Moms.




Yu Sheng

Apabila Si Kecil sudah berusia 5-6 tahun, ia boleh mencoba memakan salad segar bernama yu sheng atau yee sang. Menu ini terdiri dari ikan salmon mentah yang dilumuri jeruk nipis, juga beberapa sayuran seperti wortel, lobak putih, ubi, kacang tanah panggang, juga jamur enoki. Untuk memakannya, Anda bisa mengajak Si Kecil bersama anggota keluarga lain untuk mengaduk sambil mengangkat salad setinggi mungkin. Ini menjadi simbol harapan yang akan terkabul dan keberuntungan akan berlipat-lipat di tahun baru.


Jeruk


Buah jeruk juga menjadi salah satu yang wajib ada saat Imlek. Dalam kebudayaan China, jeruk menjadi lambang dari emas serta rezeki yang berlimpah ruah. Jeruk biasanya disajikan yang masih bertangkai dan memiliki daun hijau. Si Kecil tentu sangat boleh untuk mengonsumsi jeruk, khususnya pada anak usia 12 bulan untuk mengenalkan rasa segar penuh manfaat ini, Moms.

Nah, dengan mengetahui daftar makanan di atas, Anda jadi bisa memilah makanan yang bisa diberikan kepada Si Kecil saat Imlek nanti Moms. Ia pun bisa belajar mengenal hari perayaan Tahun Baru China dan bersenang-senang bersama keluarga. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM

 

 


RELATED ARTICLE

Ini Manfaat Membawa Bekal buat Anda dan Anak

Moms, Ini 10 Cara Seru Mengajarkan Anak Membaca

Tahapan Perkembangan Bicara Anak 1 Sampai 5 Tahun

OTHER ARTICLES

Miniapolis Easter 2019

Mana yang Perlu Diutamakan buat Anak, Bakat atau Minat?

Panduan Persiapan Melahirkan dari Bulan ke Bulan

5 Langkah Mengurangi Perilaku Agresif pada Anak

Bolehkan Ibu Hamil Melakukan Rontgen?