Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 3 Februari 2019 / Redaksi

Ini Manfaat Membawa Bekal buat Anda dan Anak

Membawakan Si Kecil bekal ke sekolah tidak hanya akan membuatnya terbiasa mengonsumsi makanan sehat, namun juga memberi banyak manfaat lainnya, Moms. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dan Si Kecil peroleh dari sekotak bekal yang lezat.


Manfaat untuk Moms

Bonding lebih kuat. Libatkan Si Kecil saat Anda membuatkan bekal untuknya. Izinkan ia memilih sendiri menu yang diinginkan, ajak membeli bahan-bahannya di supermarket, dan biarkan ia membantu Anda saat berada di dapur. Momen ini tentunya akan menguatkan bonding Anda dengan Si Kecil.

Hemat pengeluaran. Membuat bekal sendiri tentu akan lebih hemat dibandingkan Anda membeli makanan atau menyewa jasa katering di sekolah Si Kecil.

Kontrol asupan nutrisi. Dengan membawakan Si Kecil bekal ke sekolah, Moms dapat dengan mudah mengontrol asupan nutrisi apa saja yang masuk ke tubuhnya. Asupan nutrisi yang tepat sangat penting untuk mendukung aktivitasnya di sekolah. Karenanya, Anda harus selalu mengontrol makanan yang masuk ke tubuh Si Kecil dengan baik, agar ia tidak kekurangan nutrisi.

Lebih kreatif. Moms tentu tidak ingin Si Kecil membawa bekal yang sama setiap harinya. Anda pun akan terdorong untuk terus berkreasi membuatkan menu yang menarik dan lezat baginya. Hal ini tentunya juga akan mengasah kreativitas Anda dalam membuat bekal yang menarik dan lezat bagi Si Kecil.


Manfaat untuk Anak

Pola makan sehat. Dengan adanya bekal, Si Kecil akan terbiasa memiliki pola makan sehat. Ia pun terhindar dari konsumsi sembarang makanan yang mungkin tidak higienis dan mengandung MSG.

Belajar berbagi. Sesekali bawakan Si Kecil bekal dengan jumlah cukup banyak dan minta ia untuk berbagi dengan teman-temannya. Ya! Membawa bekal merupakan cara mudah untuk Si Kecil belajar berbagi. Ia pun akan merasa senang dan bangga jika makanan yang diberikan dilahap oleh teman-temannya.

Mengasah tanggung jawab. Dengan membawakan Si Kecil bekal, Anda juga dapat melatihnya untuk bertanggung jawab dengan menghabiskan seluruh makanan yang sudah Anda bawakan untuknya, membereskan tempat bekalnya sendiri setelah makan, dan meletakkannya kembali ke dalam tas agar tidak hilang.

Hemat waktu. Membawa bekal sendiri akan membantu Si Kecil menghemat waktu istirahatnya di sekolah. Is tidak perlu mengantre di kantin untuk jajan atau menunggu makanannya disajikan oleh katering sekolah. Si Kecil pun akan memiliki waktu yang cukup untuk bermain setelah menghabiskan bekalnya.

Dicintai dan diperhatikan. Saat Si Kecil melihat Anda sibuk menyiapkan bekal untuknya, ia pun akan merasa lebih dicintai dan diperhatikan. Kondisi tersebut tentunya akan sangat baik bagi perkembangan psikologisnya. Hal ini pun akan mengajarinya ntuk lebih peduli, menghargai, dan perhatian kepada Anda serta orang lain di sekitarnya. (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Moms, Ini 10 Cara Seru Mengajarkan Anak Membaca

Tahapan Perkembangan Bicara Anak 1 Sampai 5 Tahun

Tips Menyiapkan Mental dan Fisik Anak untuk Sekolah



OTHER ARTICLES

7 Bahan Skin Care yang Harus Dihindari Ibu Hamil

5 Hal yang Perlu Anda Lakukan setelah Gajian

Seperti Apa Air Mineral yang Layak Diminum Keluarga?

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Balita Punya Adik Lagi

Ini yang Dialami Moms Baru pada Masa Nifas