Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini 10 Cara Seru Mengajarkan Anak Membaca

Moms, Ini 10 Cara Seru Mengajarkan Anak Membaca

Dalam bukunya yang berjudul How to Teach Your Baby to Read, Glenn Doman, penulis sekaligus pendiri Institutes for the Achievement of Human Potential di Philadelphia, AS, mengatakan bahwa pada dasarnya kemampuan anak khususnya balita sangat luar biasa. Mereka bisa dengan mudah menghafal iklan, nimbrung ketika kita berbicara dengan orang lain, atau pun menyerap kata-kata yang kita ucapkan.

Kemampuan Si Kecil yang luar biasa ini tentunya harus dikembangkan sebaik-baiknya, termasuk untuk mengajarkannya mencintai buku dan kegiatan membaca. Dari membaca, kemampuan bahasa dan bicara Si Kecil akan berkembang, daya imajinasinya bisa terasah dengan baik, dan pengetahuannya pun semakin luas.

Nah, mengajarkan anak membaca terkadang agak tricky lho, Moms. Jika Anda mengajarkannya dengan cara yang monoton dan ‘biasa-biasa saja’, bukannya cepat bisa membaca, anak justru akan cepat bosan dan tidak mau belajar. Nah, berikut beberapa cara yang Moms bisa lakukan agar kegiatan membaca ini bisa lebih seru dan menyenangkan:




1. Kembangkan Dulu Minatnya

Berharap anak untuk mau dan cepat belajar membaca tapi kita sebagai orang tua tidak pernah mengembangkan minatnya? Wah, tentunya akan susah, Moms. Anda perlu membiasakan untuk membacakan buku untuknya sejak dini. Jangan pernah bosan jika Si Kecil minta dibacakan satu buku berulang-ulang, karena ini merupakan pertanda baik mereka tertarik dengan buku tersebut. Nantinya, Anda bisa mencoba meminta anak gantian bercerita. Cara ini membuat anak untuk mengingat cerita yang Anda bacakan, lalu mereka akan berusaha untuk ‘membaca’ gambar.


2. Menjadi Contoh

Anak cenderung mengikuti apa yang sering orang tuanya lakukan. Nah, jika Moms ingin Si Kecil suka membaca, maka Anda harus bisa menunjukkannya. Ketika Anda mengisi waktu dengan membaca, otomatis hal tersebut bisa memicu anak untuk turut ingin membaca.


3. Mulai dari yang Sederhana

Membaca tidak melulu dari buku. Jika sedang berjalan-jalan, Anda bisa mengajak Si Kecil untuk membaca papan reklame di jalan, atau menu di restoran. Moms juga memasang poster huruf alfabet di rumah untuk menstimulasi Si Kecil dalam segi bahasa dan sekaligus bicara.


4. Buat Jadwal Khusus

Agar Si Kecil makin terbiasa, jadikan membaca sebagai kebiasaan dan lakukan secara rutin. Anda bisa membuat jadwal khusus, misalnya saat akhir pekan atau setiap malam hari sebelum tidur. Yang penting, jangan memaksa jika Si Kecil sedang tidak ingin melakukannya ya, Moms.


5. Bergambar Lebih Seru!

Anak-anak adalah makhluk yang sangat visual. Pilih buku dengan gambar yang menarik untuk membuatnya ‘jatuh cinta’ terlebih dahulu. Bila ia sudah tertarik dengan gambar di buku tersebut, otomatis ia akan penasaran dengan isinya dan dengan senang hati belajar membacanya.




6. Manfaatkan Gadget

Gadget tak selalu negatif kok, Moms. Anda bisa mendapatkan efek positif dengan memanfaatkannya sebagai media untuk membaca buku bersama Si Kecil. Anda bisa mencoba berbagai aplikasi seperti buku digital, atau mengajak Si Kecil mendengarkan audiobook bersama.


7. Gunakan Kartu Baca

Selain buku cerita bergambar, Anda bisa memanfaatkan media kartu baca bergambar atau flash card untuk mengajarinya membaca. Metode ini menyenangkan dan efektif karena selain kata-kata dalam kartu terbilang sederhana, warna dan gambarnya juga menarik.


8. Membaca Sambil Bernyanyi

Musik dapat menjadi sarana yang baik untuk membantu anak-anak dalam mempelajari sesuatu. Ajak Si Kecil untuk bernyanyi lagu-lagu sederhana seperti lagu alfabet bersama-sama agar ia lebih mudah menghafalkannya. Dengan begitu, tanpa memaksa ia untuk belajar membaca, dengan sendirinya ia sudah belajar lewat lagu-lagu yang dinyanyikannya.


9. Rutin ke Toko Buku & Perpustakaan

Jangan hanya mengajak Si Kecil jalan-jalan ke mal untuk ke toko mainan atau toko pakaian, Moms. Mampirlah ke toko buku dan biarkan ia melihat-lihat buku, memilih buku yang ia sukai, lalu belikan. Ini tentunya lebih baik daripada membelikan mainan yang kurang mendidik. Toh, sampai kapan pun buku akan tetap bermanfaat bagi Anak. Alternatif lain, Anda juga bisa mengajaknya ke perpustakaan. Sekarang ini sudah banyak perpustakaan umum yang nyaman dan ramah anak lho, Moms!


10. Diskusi Tentang Buku

Agar kegiatan belajar membaca jadi lebih menarik, jangan hanya sekadar membaca, tapi ajak Si Kecil berdiskusi mengenai buku yang ia baca. Anda bisa membahas mulai dari jalan cerita, karakter, atau objek yang ada dalam imajinasi mereka berdasarkan buku bacaan. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   membaca,   mengajarkan anak membaca,   belajar membaca,   balita membaca










Cover Mei-Juni-Juli 2020