Mother&Baby Indonesia
Tips Menyiapkan Mental dan Fisik Anak untuk Sekolah

Tips Menyiapkan Mental dan Fisik Anak untuk Sekolah

Tak sedikit orang tua yang gagal memberikan kesan pertama sekolah yang menyenangkan pada anak mereka. Bukan berarti anak tidak menyukai sekolah, Moms. Mungkin mereka hanya kurang dipersiapkan untuk menerima pengalaman baru ini. Coba lakukan beberapa tips berikut untuk mempersiapkan mental dan fisik Si Kecil dengan lingkungan sekolah.


Persiapan Mental

Siapkan anak agar memiliki minat belajar dan rasa ingin tahu, mampu memahami dan menyesuaikan diri dengan aturan dan tugas, mampu berinteraksi dan menjalin komunikasi 2 arah dengan teman sebaya maupun orang dewasa, serta memiliki kemandirian dan keyakinan diri dalam menyelesaikan tugas yang dihadapi. Ini persiapan mental yang perlu Anda lakukan, Moms.



1. Atur jadwal playdate. Coba atur jadwal bermain dengan anak-anak teman Anda supaya Si Kecil terbiasa untuk bermain bersama, bersosialisasi, berbagi, dan mengantre.

2. Berikan gambaran detail mengenai apa saja yang akan ia lakukan selama di sekolah seperti masuk kelas, serta bertemu teman-teman dan guru, tidak hanya sekadar mengatakan “Sekolah itu menyenangkan”. Jika memungkinkan, ajak Si Kecil melihat sekolah dan ruang kelasnya nanti.

3. Belajar untuk patuh. Di sekolah nanti, anak-anak akan diharuskan untuk mengikuti aturan dan perintah dari guru mereka. Karena itu, Biasakan Si Kecil untuk bisa melakukan beberapa perintah sekaligus, misalnya setelah pulang dari jalan-jalan, minta ia melepas sepatunya, menaruhnya di rak sepatu, dan mencuci tangan.

4. Pacu kreativitasnya. Mulailah memperkenalkan Si Kecil bermacam-macam prakarya untuk mengasah motorik halusnya. Siapkan kertas, krayon, dan peralatan lainnya dan biarkan ia berkreasi.

5. Ajak membaca buku. Jika Si Kecil belum bisa membaca, bacakan cerita padanya setidaknya 15 menit setiap harinya.




Persiapan Fisik

Persiapan fisik yang perlu dilakukan adalah untuk memastikan Si Kecil memiliki ketahanan tubuh, sehingga bisa mengikuti  proses belajar. Fisik yang baik juga penting agar Si Kecil dapat memfokuskan perhatiannya pada proses belajar dan mampu mengarahkan gerakan tubuhnya sesuai dengan instruksi guru, misalnya saat berolahraga.

1. Buat rutinitas. Ketika sekolah, anak Anda akan dituntut mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan, maka siapkan fisiknya untuk itu. Misalnya, supaya ia bisa bangun pagi dan datang tepat waktu, biasakan tidur tidak terlalu malam. Atur juga jadwal makannya.

2. Ajarkan melakukan kegiatan dasar. Di sekolah, banyak hal yang harus dilakukan Si Kecil sendiri. Karena itu, ajarkan hal-hal dasar untuk membuatnya lebih mandiri dan percaya diri, seperti mencuci tangan, membuka dan memakai sepatu, makan sendiri, dan sebagainya.

3. Ajak berolahraga. Sesekali, ajak anak berenang, bermain bola, berlari, main sepeda, dan olahraga lainnya yang menyenangkan. Selain membantu mengasah motorik kasarnya, kegiatan ini juga bisa membuat Si Kecil menjadi lebih sehat. Dengan tubuh yang sehat, ia pun bisa lebih gembira dan bersemangat untuk menyambut hari pertama sekolahnya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   sekolah








Cover Januari - Februari 2020