Mother&Baby Indonesia
Mengatasi Bayi agar bisa Duduk Sendiri

Mengatasi Bayi agar bisa Duduk Sendiri

T: Bayi saya sudah berusia 11 bulan, tetapi belum bisa duduk sendiri, walau sudah saya berikan terapi pijat. Padahal ia aktif bergerak saat menggunakan baby walker. Ia juga terlihat sudah mulai bisa melangkah saat dititah. Apakah ini normal? Apa yang harus saya lakukan agar ia bisa duduk sendiri?

J: Sebagian besar bayi sudah bisa duduk pada kisaran usia 7-8 bulan. Latihan duduk dengan alas yang keras (bukan di atas bantal), sudah bisa dilakukan sejak usia 5 bulan. Tepatnya ketika kepala dan punggung sudah tegak.

Bayi yang sudah aktif bergerak dengan baby walker menandakan leher bayi sudah kuat dan bisa mengatur badan untuk duduk ataupun berdiri sendiri. Beberapa bayi memang tidak mau duduk dan lebih menyukai aktivitas eksplorasi ke sekeliling lingkungannya dengan cara dititah.



Untuk mengtasi masalah ini, Anda bisa memberikan tummy time atau membiarkannya tengkurap dengan perut. Si Kecil akan menahan kepala dan bagian tubuh lainnya untuk tidak menyentuh lantai. Hal ini dapat memperkuat bagian otot perut, leher, juga tulang bagian belakang.

Selain itu, mungkin Anda juga perlu memberi kesempatan bayi untuk duduk di lantai dengan beralas matras keras dan rata. Cara lain, Anda bisa menyeimbangkan posisi duduknya dengan menempatkan mainan agak jauh dari tempatnya duduk. Nantinya, Si Kecil akan mencoba untuk meraih mainan tersebut.



(Dijawab oleh dr. Jeanne-Roos Tikoalu, Sp. A, IBCLC, dokter spesialis anak RS Pondok Indah – Puri Indah)

(M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bayi duduk,   tumbuh kembang bayi








Cover Maret 2020