Mother&Baby Indonesia
Tips untuk Bayi bisa Makan MPASI dengan Tekstur Kasar

Tips untuk Bayi bisa Makan MPASI dengan Tekstur Kasar

T: Si Kecil suka muntah kalau mengonsumsi makanan bertekstur kasar. Bagaimana agar ia bisa berlatih mengonsumsi makanan bertekstur kasar? Bagaimana tahapan dan pola makan yang benar untuk anak berusia 9 bulan?

J: MPASI (makanan pendamping ASI) diharapkan sudah memiliki tekstur lebih padat saat bayi berusia 9 bulan, dibandingkan dengan MPASI saat Si Kecil berusia 6 hingga sebelum 9 bulan. Hal ini bertujuan untuk melatih Si Kecil agar bisa mengunyah dengan baik. Meskipun begitu, seringkali masa peralihan ini membutuhkan waktu 1-2 bulan lamanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Moms bisa siasati dengan cara mencampurkan makanan bertekstur padat dan lumat terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melumatkan 3 per 4 bagian dari makanan bertekstur padat yang sudah dibuat dan membiarkan seperempat bagiannya tetap bertekstur padat.



Setelah Si Kecil terbiasa melahap makanan pendamping ASI tersebut dengan lancar, selanjutnya Moms bisa kurangi porsi yang bertekstur kasar itu menjadi setengah, dan seterusnya (jika setelah 1-2 minggu bayi terlihat suka dan mampu memakannya). Jadwalkan waktu makan sebanyak 3 kali makan besar dan 2 kali makan selingan setiap hari, sejak usia 6 bulan. Jumlahnya dapat Moms tingkatkan secara bertahap.



(Dijawab oleh dr. Jeanne-Roos Tikoalu, Sp. A, IBCLC, dokter spesialis anak RS Pondok Indah – Puri Indah)

(M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   makanan,   nutrisi,   mpasi








Cover Maret 2020