Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 11 Februari 2019 / Redaksi

Bedong dan Bentuk Kaki Bayi

T: Anak saya berusia 3 bulan dan kalau saya perhatikan, kaki kirinya berbentuk O. Apakah ini terjadi karena saya tidak rajin membedongnya? Dan bisakah kaki Si Kecil diperbaiki?

J: Kebanyakan bayi lahir dengan kondisi kaki yang melengkung. Ini disebabkan oleh posisi bayi selama dalam rahim. Bentuk kaki bayi usia 3 bulan memang belum lurus Moms, karena selama di dalam perut Anda, posisi kakinya melipat.

Nah, saat ia mulai berjalan, pada usia sekitar 12-16 bulan, tulang-tulang kakinya akan mulai berubah karena mereka mulai dibutuhkan untuk menyokong berat badan Si Kecil. Setelah 6 bulan berjalan, Si Kecil akan mempunyai bentuk kaki yang normal dan lurus. Jadi, ketika nanti ia sudah bisa menendang, berdiri, dan berjalan, bentuk kakinya akan berubah menjadi lurus dengan sendirinya.



Kaki berbentuk seperti O hanya akan terlihat ketika anak sudah mulai berjalan. Jika ia mengalami kaki berbentuk O, ketika kakinya ditegakkan, tetap ada sudut yang tidak bisa lurus.

Perlu Moms ketahui juga bahwa tidak ada hubungan antara membedong bayi dengan kakinya yang berbentuk O. Bedong hanya berguna untuk menghangatkan bayi. Anda juga tidak disarankan untuk membedong Si Kecil terlalu sering, karena hal tersebut dapat menghambat pertumbuhannya. Membedong bayi terlalu kuat juga bisa menyebabkan displasia panggul yang malahan membuat kaki Si Kecil jadi tidak simetris. Gunakan bedong ketika Si Kecil butuh kenyamanan, seperti saat ia sedang sakit.



Jika Moms merasa khawatir dengan bentuk kaki O pada bayi ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksanya. Dokter akan melihat apakah penyebab kakinya bengkok adalah hal yang normal atau karena kelainan genetis.

(Dijawab oleh dr. Rouli Nababan, Sp.A, Kiddie Care Centre, Sunter, Jakarta Utara)

(M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM

 

 


RELATED ARTICLE

Moms, Ini Mainan untuk Bayi Usia 6 Bulan

Ini 6 Tanda Bayi Anda Sedang Tumbuh, Moms

Ini Karakter Anak dengan Shio Babi

OTHER ARTICLES

Miniapolis Easter 2019

Mana yang Perlu Diutamakan buat Anak, Bakat atau Minat?

Panduan Persiapan Melahirkan dari Bulan ke Bulan

5 Langkah Mengurangi Perilaku Agresif pada Anak

Bolehkan Ibu Hamil Melakukan Rontgen?