Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 11 Februari 2019 / Redaksi

Moms, Kenali Jadwal Makan MPASI Bayi 6 Bulan

Saat bayi sudah memasuki usia 6 bulan, tubuh Si Kecil sudah lebih kuat. Ia sudah bisa menyangga kepalanya dengan baik, duduk dengan tegak, dan sistem pencernaannya pun sudah lebih baik. Refleks lidahnya juga sudah mampu menggerakkan makanan dari depan ke belakang mulutnya.

Di usia ini pula, sudah saatnya untuk Moms memberikan Si Kecil makanan pendamping ASI (MPASI). Sebab, ia mulai membutuhkan nutrisi yang lebih baik dari apa yang ia dapat melalui ASI saja, seperti dari zat besi, kalsium, atau vitamin dan mineral lainnya.




Pemberian MPASI untuk Bayi 6 Bulan

Selain dilihat dari usia, Si Kecil juga akan menunjukkan dirinya sudah butuh MPASI. Ini akan terlihat ketika ia sudah mulai tertarik dengan makanan Anda. Namun, pemberian MPASI pun perlu dilakukan secara bertahap, sebagai berikut:

• MPASI hanyalah makanan pendamping, jadi Moms tidak perlu terburu-buru untuk memberikannya makanan selain ASI. Tunggulah beberapa menit, hari, atau minggu untuk mengenalkan makanan yang menarik perhatian Si Kecil.

• Saat memberikan makanan, Anda bisa memberikannya jeda hingga 3 hari. Ini perlu dilakukan untuk melihat reaksi tubuh Si Kecil, apakah ia alergi atau tidak terhadap makanan tersebut. Jangan lupa juga untuk mencatat makanan yang telah diberikan serta menemukan sumber makanan alergi atau bukan.

• Makanan yang diberikan adalah yang berupa bubur atau puree yang memiliki tekstur lembut dan mudah ditelan anak Anda. Campurkan sayuran dengan daging dan nasi, atau menu yang lengkap secara protein, karbohidrat, serta vitamin dan mineral. Kemudian kukus atau panggang makanannya agar lebih mudah dicerna Si Kecil.

• Perbandingan susu harus tetap lebih banyak di awal pengenalan MPASI. Begitu bayi mulai terbiasa, Moms bisa mengurangi jumlah susu dengan bubur yang dibuat kental. Jangan lupa hindari pemberian gula atau garam tambahan pada makanan Si Kecil.


Menentukan Jadwal Makan

Untuk penentuan jadwal makan bayi 6 bulan, Kementerian Kesehatan RI telah mengaturnya. Moms pun bisa menjadikannya sebagai panduan dan menerapkan jadwal makan ini kepada Si Kecil. Berikut penjelasannya:

Pukul 06.00: ASI



Pukul 08.00: Makan pagi dengan makanan yang berbentuk lumat

Pukul 10.00: ASI atau makanan selingan, seperti buah yang bertekstur lembut

Pukul 12.00: Makan siang dengan makanan yang lembut

Pukul 14.00: ASI

Pukul 16.00: Makanan selingan

Pukul 18.00: Makan malam dengan makanan yang berbentuk lumat

Pukul 20.00-24.00: ASI, yang bisa diberikan per jam. Jumlahnya tergantung dengan kebutuhan bayi Anda

Variasi makanan yang bisa Anda berikan untuk bayi usia 6 bulan di antaranya adalah pisang atau pepaya, yang bisa Moms kerik halus dengan mengenakan sendok. Kemudian tomat, yang disaring dan diencerkan dengan air matang, lalu tambahkan sedikit gula. Dan juga jeruk yang diperas dan disaring sebagai jus segar untuk Si Kecil. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Moms, Ini Mainan untuk Bayi Usia 6 Bulan

Ini 6 Tanda Bayi Anda Sedang Tumbuh, Moms

Ini Karakter Anak dengan Shio Babi

OTHER ARTICLES

Yuk, Kenali Tahapan Perkembangan Emosi Anak, Moms!

Apa yang Harus Dilakukan saat ASI Tak Keluar?

Milia, Bintik Putih pada Wajah Bayi, Bahaya atau Tidak?

Mengenal Seluk-Beluk Surrogate Mother

Waspadai 5 Penyakit yang Sering Menyerang Anak Sekolah