Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 2 Februari 2019 / Redaksi

Begini Cara Menambah Berat Badan Bayi, Moms

T: Anak perempuan saya berusia 8 bulan, beratnya 7,7 kg dan tinggi 70 cm. Pada saat usianya masih di bawah 6 bulan, kenaikan berat badannya cukup banyak. Namun kini kenaikannya hanya sekitar 200 gram per bulan. Berat badannya bahkan pernah turun. Namun menurut dokter, hal itu terjadi karena adanya infeksi saluran kencing. Setelah sembuh, kenaikan berat badannya tetap tidak banyak, padahal minum ASI dan makannya cukup banyak. Apa yang salah dengan pola makannya?

J: Untuk mengetahui apakah bayi memiliki berat normal sesuai tahapan usianya, Moms bisa menilai melalui grafik pertumbuhan yang diterbitkan oleh CDC 2000 atau Z-Score (WHO 2006). Grafik tersebut biasanya terdapat pada buku imunisasi bayi.

Jika bayi berusia di atas 6 bulan dan masih mendapatkan ASI, ia memerlukan MPASI yang tinggi kalori dan manajemen laktasi pada ibu juga harus diperbaiki.



Kategori dari makanan cukup itu tidak hanya volume ASI dan makanan padat, namun juga kualitas makanan padatnya. Anda harus melakukan observasi ulang, berapa banyak protein yang ada di dalam bubur Si Kecil.
Selain itu, langsung berikan protein dalam jumlah yang cukup, seperti daging, ayam, dan telur. Tambahkan juga asupan lemak seperti keju parut, margarine, mentega, dan olive oil. Jika kualitasnya sudah benar dan kuantitasnya sudah cukup, Anda tidak perlu memberikan tambahan yang lainnya lagi, Moms.



(Dijawab oleh dr. Rouli Nababan, Sp.A, Kiddie Care Centre, Sunter, Jakarta Utara)

(M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

8 Mainan Seru untuk Bayi Usia 2 Bulan

Tahapan Perkembangan Bicara Bayi Sesuai Usia

Moms Boleh Menggelitik Anak, Asalkan…

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda