Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 1 Februari 2019 / Redaksi

8 Mainan Seru untuk Bayi Usia 2 Bulan

Ketika bayi Anda sudah memasuki usia 2 bulan, ia sudah mulai bisa melihat dengan jelas. Jangan kaget ya kalau tiba-tiba ia menatap Anda dan memberikan sebuah senyum. Di usia ini, bayi juga menyenangkan diajak bermain bersama, walau tentu saja permainannya masih yang sangat sederhana ya, Moms.

Nah, kalau Moms ingin memberikan mainan untuk Si Kecil, pastikan mainannya sesuai dengan usia anak. Moms juga harus ingat kalau mainan untuk bayi tidak hanya harus aman dan seru, tetapi juga harus bisa menunjang tumbuh kembangnya.

Penasaran dengan jenis-jenis mainan yang tepat untuk diberikan pada anak usia 2 bulan? Simak beberapa rekomendasi berikut ini yuk, Moms.




1. Rattle

Mudah dimainkan dan sangat menghibur bayi. Si Kecil akan belajar mengenali asal suara yang ia dengar, sehingga bisa menstimulasi perkembangan pendengarannya lebih optimal. Untuk bayi 2 bulan, ada rattle yang bisa diikatkan ke kaki atau pergelangan tangan, itu akan berbunyi kapan pun anak bergerak. Seru!


2. Mainan Sensori

Mainan lembut yang bisa bergerak atau berbunyi ini sangat seru bagi bayi. Ketika mainannya tidak sengaja berbunyi saat dipencet, itu bisa mengajarkan bayi untuk waspada dengan sebab-akibat. Lama kelamaan ia akan mengerti kalau tangannya bisa melakukan banyak hal, hingga menstimulasi keinginannya untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.


3. Plush Toys

Mainan lembut ini cocok diberikan untuk bayi sejak ia baru lahir lho, Moms. Selain mudah dicari, boneka lembut juga terbilang aman untuk anak karena tidak memiliki partikel kecil yang bisa membuat anak tersedak. Namun pastikan boneka ini terbuat dari bahan yang aman untuk bayi, ya.


4. Mainan yang Digantung

Pandangan bayi 2 bulan mulai sempurna, namun tetap saja belum optimal. Untuk itu, memberikan mainan-mainan lucu yang digantung bisa membantu mengoptimalkan perkembangan Si Kecil dalam melihat. Mainan yang digantung ini juga bisa menstimulasi bayi untuk meraihnya dan bermain dengannya, ini tentu saja baik untuk menunjang tumbuh kembang bayi Anda ya, Moms.



Baby Center menyarankan untuk memberikan mainan dengan warna yang memiliki high-contrast dan memiliki banyak pola yang mudah dilihat bayi. Moms juga sebaiknya tidak menggantung mainan ini tepat di atas mata anak, karena itu justru membuatnya pusing!


5. Soft Book

Menumbuhkan rasa cinta membaca sejak dini? Bisa! Salah satu caranya adalah dengan mengenalkan soft book sejak bayi. Baby Center menyarankan untuk memberikan soft book dengan pola yang mudah dilihat dan dipenuhi warna-warna menarik. Moms bisa memegang soft book sambil menggendong Si Kecil, agar ia bisa melihat bersama Moms untuk menikmati halaman demi halaman soft book.


6. Kotak Musik

Tak hanya menghibur, kotak musik juga bisa membuat bayi merasa lebih tenang. Kalau Moms tidak punya kotak musik, Anda juga bisa memutarkan musik dari MP3 player, kok. Yang penting, lagunya cocok untuk bayi dan bisa membuatnya semakin tenang atau terhibur. Hindari memutar lagu dengan volume yang terlalu kencang, karena tentu saja bisa mengganggu gendang telinganya.


7. Cermin Antipecah

Semua bayi (bahkan batita) menyukai cermin! Lucunya, mereka belum tahu kalau bayi menggemaskan yang ia lihat di cermin itu adalah dirinya sendiri. Ia mengira ‘teman lucu’ di cermin yang ia lihat adalah bayi lain yang sedang mengajaknya bermain. Walau terkesan sederhana bagi orang dewasa, namun proses menatap diri di cermin ini sangat menyenangkan untuk bayi lho, Moms. Jangan kaget kalau bayi tiba-tiba tersenyum atau bahkan tertawa sendiri saat bercermin.


8. Bola

Bukan berarti Moms harus mengajak Si Kecil bermain bola seperti anak usia sekolah. Bola untuk bayi bisa merangsang kemampuannya merangkak. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Moms Boleh Menggelitik Anak, Asalkan…

10 Makanan Terbaik untuk Bayi 6 Bulan

Moms, Ketahui Umur Berapa Bayi Bisa Melihat

OTHER ARTICLES

Bayi Pertama di Amerika Lahir dari Transplantasi Rahim

Moms Perlu Tahu, Ini 5 Tanda Pembukaan 1 bagi Ibu Hamil

Adenoid Hypertrophy, Pembesaran Saluran Hidung Anak

Tips Ampuh untuk Ibu-Ibu Modern Zaman Now

Cara Tepat Menaikkan Berat Badan Bayi Anda