Mother&Baby Indonesia
Tips Liburan Akhir Tahun dengan Bayi ke Daerah Dingin

Tips Liburan Akhir Tahun dengan Bayi ke Daerah Dingin

Memasuki musim liburan akhir tahun, Moms pastinya sudah punya rencana pergi berlibur bersama keluarga, termasuk mungkin liburan ke daerah beriklim dingin. Jarak perjalanan yang jauh dan perbedaan cuaca bisa jadi tantangan ya, Moms. Apalagi jika ini adalah liburan pertama Anda bersama buah hati.

Karena itu, siapkan beberapa hal berikut agar liburan pertama Si Kecil tetap seru, aman, dan menyenangkan! Menurut Wahyu S. Minarto, Inisiator komunitas SafeKids Indonesia, yang akrab dipanggil dengan panggilan Paman Billie, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum mengajak Si Kecil berlibur akhir tahun ke daerah beriklim dingin, yakni:




1. Kenali Destinasi yang Akan Dituju

Ketahui sebanyak mungkin informasi mengenai tempat wisata yang akan dituju dengan cara browsing atau menanyakan pada teman yang sudah terlebih dahulu mengunjungi tempat tersebut, termasuk kondisi cuacanya, agar Anda bisa mempersiapkan segalanya untuk kebutuhan Si Kecil.


2. Cek Transportasi dan Akomodasi

Perhatikan transportasi yang digunakan selama perjalanan dan berapa lama anda sekeluarga akan menghabiskan waktu di perjalanan. Penginapan dan fasilitas yang tersedia juga merupakan prioritas utama untuk menjamin kenyamanan Si Kecil saat liburan, misalnya adanya pemanas ruangan untuk menjaga suhu tubuh selalu hangat dan bayi selalu merasa nyaman.


3. Jaga Kehangatan Tubuh Bayi

Pastikan Si Kecil tetap terjaga kehangatannya guna menghindari hipotermia. Cara paling mudah adalah dengan menyiapkan pakaian musim dingin, seperti long john, sweater, dan winter coat. Suhu tubuh juga lebih cepat keluar dari ujung-ujung tubuh seperti kepala dan jari-jari. Untuk itu, penting juga melindungi kepalanya dengan beanie hat serta tangan dan kakinya dengan sarung tangan dan kaus kaki guna menjaga Si Kecil hangat.




4. Bawa Obat-Obatan Pribadi

Untuk berjaga-jaga, bawalah obat-obatan pribadi, seperti obat penurun panas, pilek, dan batuk. Jangan lupa untuk antisipasi dengan membawa obat alergi serta obat luar seperti losion untuk melembapkan kulit Si Kecil, karena udara dingin akan bisa membuat kulit jadi kering, minyak telon, dan balsam. Jika perlu, berkonsultasilah dengan dokter anak untuk tahu jenis obat apa yang perlu dibawa serta.


5. Bawa Makanan dan Mainan Favorit Anak

Meski rasanya tidak begitu penting, membawa barang dan makanan kesukaan anak dapat menjaganya tetap nyaman lho, Moms. Bawa juga makanan favorit bayi Anda sebagai persiapan dan untuk berjaga-jaga seandainya di tempat liburan nanti Si Kecil belum menemukan makanan yang ia suka di sana.


6. Waspada Frosbite

Frosbite adalah kondisi di mana jaringan tubuh membeku, biasanya karena terlalu lama terpapar udara dingin dan suhu rendah. Gangguan ini dapat menyebabkan kemerahan dan mati rasa, biasanya terjadi di area pipi, hidung, telinga, jari tangan, dan jari kaki. Jika Si Kecil terserang frosbite, segera bawa ia ke dalam ruangan, lepaskan baju yang basah dan rendam bagian tubuh yang dingin dengan air hangat selama 20-30 menit. Segera bawa ke dokter jika kondisinya tidak kunjung membaik.

Nah, selamat berlibur akhir tahun dengan keluarga Anda, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   liburan,   keluarga,   liburan keluarga,   liburan akhir tahun,   liburan ke daerah dingin








Cover Januari - Februari 2020