Mother&Baby Indonesia
4 Cara Alami untuk Menebalkan Alis Bayi Anda

4 Cara Alami untuk Menebalkan Alis Bayi Anda

Bayi yang memiliki rambut dan alis tebal memang semakin menggemaskan ya, Moms. Namun kebanyakan bayi belum memiliki banyak rambut dan alis, karena umumnya rambut dan alis baru tumbuh tebal ketika usia mereka sudah lebih dari 2 tahun. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sebenarnya pertumbuhan rambut sudah dimulai sejak bayi masih di dalam kandungan, yaitu usia 8-12 minggu. Rambut tumbuh di semua bagian tubuh, kecuali di bibir, telapak tangan, dan telapak kaki. Panjang dan ketebalannya pun berbeda-beda pada setiap janin, Moms.

Namun setelah lahir, biasanya rambut bayi akan berguguran di usia 6 bulan. “Pada awalnya rambut terlihat tipis setelah gugur, karena beberapa bayi tidak langsung memasuki fase anagen yang baru. Umumnya pada usia 1,5 sampai 2 tahun telah tumbuh rambut baru secara permanen,” tulis dr. Fenny D’Silva, SpA, dan dr. Catherine M. Sambo, SpA, pada laman IDAI.

Nah, itulah yang menyebabkan rambut, dan khususnya alis bayi terlihat kurang tebal. Kalau Moms ingin menebalkan alis bayi, ada beberapa cara alami yang bisa Moms coba, lho. Bagaimana caranya? Cari tahu di bawah ini yuk, Moms.




1. Minyak Kemiri

Ini adalah cara paling populer yang sering dicoba para Moms di Indonesia. Bahkan beberapa celebrity-moms pun memberikan minyak kemiri untuk menebalkan dan menghitamkan alis bayinya. Tak heran, karena ini memang efektif lho, Moms.

Caranya juga mudah! Langkah pertama, sangrai (goreng tanpa minyak) kemiri hingga kehitaman dan keluar minyak alami. Kemudian, tumbuk kemiri yang telah disangrai sampai halus. Sambil ditumbuk, tambahkan sedikit air matang secara perlahan, aduk hingga rata. Terakhir, oleskan kemiri pada alis anak secara merata, dan diamkan selama beberapa saat.


2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau yang biasa disebut olive oil memang terkenal banyak manfaatnya ya, Moms. Minyak zaitun bisa dicampurkan ke dalam masakan hingga dioleskan ke alis bayi agar lebih tebal dan hitam. Tak percaya? Coba saja oleskan minyak zaitun ke alis bayi secara merata sambil dipijat lembut. Lakukan setiap hari dan lihat perbedaannya dalam beberapa bulan, Moms. Ini sangat efektif untuk menstimulasi pertumbuhan alis Si Kecil.

Baca juga: Tips Jadikan Rambut Bayi Tebal dan Sehat secara Alami




3. Minyak Kelapa

Tak hanya minyak zaitun, minyak kelapa juga efektif menebalkan dan menghitamkan alis bayi lho, Moms. Caranya mudah sekali, cukup oleskan minyak kelapa ke alis bayi, lakukan sambil memijat lembut alisnya setiap malam atau menjelang tidur. Biarkan semalaman atau sampai pagi. Lakukan ini setiap hari, ya. Selain bisa menebalkan alis, ritual ini juga membuat bayi lebih tenang sekaligus mempererat bonding Anda dan Si Kecil.


4. Lidah Buaya

Tahukah Anda kalau lidah buaya juga efektif untuk menebalkan alis bayi? Moms bahkan bisa mengoleskannya ke kepala bayi juga untuk menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih tebal. Tekstur lidah buaya sangat lembut dan dingin, sehingga membuat anak lebih nyaman saat dipakaikan lidah buaya.

Cara memakaikannya mudah, cukup kerok lidah buaya hingga menjadi gel, kemudian oleskan sedikit di alis Si Kecil sambil dipijat lembut. Untuk menebalkan alis dengan cara ini, Moms bisa mengoleskannya di malam hari, kemudian biarkan hingga pagi, dan bilas dengan air bersih. Selamat mencoba, Moms! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)

Baca juga: Apakah Bayi yang Baru Lahir Perlu Digunduli?



Tags: bayi,   alis,   rambut,   menebalkan alis








Cover Maret 2020