Mother&Baby Indonesia
Jangan Sewa Perlengkapan Bayi Ini, Moms!

Jangan Sewa Perlengkapan Bayi Ini, Moms!

Usia barang-barang kebutuhan bayi memang tidak panjang. Itu sebabnya kini banyak orang mulai melirik tempat penyewaan kebutuhan bayi. Selain harganya terjangkau, barang yang sudah selesai dipakai dapat dikembalikan lagi. Jadi, tidak mubazir dan memenuhi rumah Anda. Tertarik menyewa? Berikut ulasannya!


Kenapa Harus Sewa?

Tentu saja menyewa perlengkapan bayi akan lebih mudah daripada harus membeli baru. Namun kebanyakan ibu takut menyewa karena merasa tidak nyaman memakai barang yang sudah dipakai orang lain. Menurut dr. Ariantana Albertus, SpA, spesialis anak dari Rumah Sakit Internasional Santosa, Bandung, Anda mungkin akan terus menggunakan jasa itu karena beberapa alasan, seperti:



1. Lebih ekonomis

Anda bisa memperoleh aneka kebutuhan Si Kecil dengan harga yang lebih murah. Bayi akan berkembang dan mereka akan membutuhkan perlengkapan lain yang berbeda sesuai perkembangannya. Dengan menyewa, Anda bisa menentukan waktu sewa sesuai dengan masa kebutuhan anak, dan jika sudah terpakai lagi, tinggal kembalikan.

2. Barang bekas pun tetap berkualitas

Meskipun barang-barang yang disewakan tergolong barang bekas, namun banyak yang kualitasnya masih terjaga baik kok, Moms. Berkualitas dari segi bentuk fisik hingga kegunaannya. Walau statusnya barang sewaan, namun kebersihan dan kualitasnya masih terjaga. Karena itu, Anda sebagai penyewa pun harus menjaganya dengan baik ya, Moms.


Amankah Sewa?

Menurut dr. Ariantana, jika barang yang disewa adalah barang bekas, meski terlihat masih baru, tanyakan dahulu bagaimana perusahaan penyewaan barang merawat alat tersebut. Lihat bagaimana mereka membersihkan dan menyimpannya. “Anda jangan hanya terlena oleh harga yang murah, tetapi perhatikan pula sisi higienitas perlengkapan tersebut agar Si Kecil terhindar dari penyakit,” jelas dr. Ariantana.

Infeksi yang mungkin ditimbulkan pada bayi akibat dari sewa perlengkapan yang tidak higienis, antara lain infeksi jamur dan sariawan, serta infeksi saluran cerna. Mungkin juga infeksi menyerang saluran pernapasan atas. Si Kecil bisa terserang bersin-bersin atau yang lebih parah adalah mengalami sesak napas.



Selain itu, jika kotoran berupa bakteri yang menempel pada peralatan sewa kontak langsung dengan kulit, ada kemugkinan anak bisa gatal-gatal atau bahkan muncul jamur pada kulit. Jangan lupa cek juga segi keamanan dan keselamatan alat. Perhatikan kondisi barang tersebut dan periksa ulang bagian-bagian pentingnya. Jika meminjam stroller atau sepeda, periksa bagian roda, perhatikan apakah ada tanda bekas dilas atau tidak. Jangan pilih yang sudah rapuh, ya!


Jangan Sewa Ini!

Dilihat dari tingkat keamanannya, dr. Ariantana bilang ada beberapa perlengkapan yang layak dan tidak layak disewa. Contoh barang yang layak untuk disewa adalah: mainan anak, stroller, high chair, car seat, dan baby box. Sedangkan contoh barang yang tidak layak untuk disewa adalah:

• Peralatan makan dan minum

• Baju

• Celana

• Sepatu.

“Barang-barang tersebut tidak layak disewa karena memiliki risiko higienitas yang sangat minim. Potensi infeksi yang berasal dari barang-barang itu sangat besar. Sebaiknya Anda tidak menyewa jenis barang seperti itu,” saran dr. Ariantana. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   perlengkapan bayi,   sewa perlengkapan bayi