Mother&Baby Indonesia
Yuk Konsumsi Ikan Teri saat Hamil, Moms! Ini Manfaatnya

Yuk Konsumsi Ikan Teri saat Hamil, Moms! Ini Manfaatnya

Selama masa kehamilan, kebutuhan nutrisi yang perlu diasup ibu hamil akan meningkat. Ada berbagai macam makanan yang perlu dikonsumsi bumil, contohnya adalah ikan-ikanan. Nah, salah satu jenis ikan yang juga baik dikonsumsi bumil adalah ikan teri.

Ya, ikan teri memiliki kandungan gizi tak kalah baiknya dibandingkan ikan-ikan lainnya sehingga sangat baik untuk konsumsi bumil. Kandungan gizinya tidak hanya baik untuk kesehatan kehamilan, namun juga untuk tumbuh kembang janin. Apa saja manfaat dan kebaikan yang ada dalam ikan teri? Berikut penjelasannya, Moms.




1. Memperkuat Tulang

Moms, tahukah Anda kalau ikan teri memiliki kandungan kalsium yang tinggi? Kandungan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, terutama tulang bumil. Perlu Moms ketahui, rekomendasi kebutuhan kalsium untuk bumil adalah sekitar 1.000 miligram per hari. Nah, Moms bisa mengonsumsi makanan dari ikan teri untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Mineral ini juga berguna untuk membantu perkembangan tulang dan gigi janin di dalam kandungan.


2. Kaya Zat Besi

Salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami bumil adalah anemia. Gangguan ini terjadi karena meningkatnya volume darah selama masa kehamilan dan bisa menyebabkan Moms jadi mudah lemah dan lesu dalam menjalani aktivitas saat tengah hamil. Untuk mengatasinya, bumil butuh asupan zat besi 50 persen lebih banyak dibandingkan dengan perempuan yang tidak hamil.

Nah, ikan teri merupakan sumber zat besi yang akan membantu mencegah munculnya anemia pada bumil. Ikan teri mengandung zat besi heme, jenis zat besi yang sering ditemukan dalam daging hewan dan lebih mudah diserap oleh tubuh, dibandingkan dengan zat besi non-heme yang ada pada tumbuh-tumbuhan.




3. Sumber Energi untuk Bumil

Semakin bertambahnya usia kehamilan, Anda tentunya butuh semakin banyak energi untuk menjalani aktivitas. Ikan teri bisa jadi pilihan lauk untuk Anda konsumsi. Kandungan vitamin B1 yang terdapat di dalamnya akan membantu proses pembentukan energi dalam tubuh selama masa kehamilan, sehingga bumil akan punya cukup energi dan stamina saat beraktivitas.


4. Menjaga Berat Badan

Mengonsumsi sembarang makanan selama hamil tentu saja bisa berdampak kurang baik pada kesehatan dan berdampak pada melonjaknya berat badan bumil. Jika Moms ingin menjaga berat badan agar tetap terkontrol dan tidak berlebihan, Anda bisa tambahkan menu ikan teri dalam makanan Anda.

Ya, ikan teri termasuk makanan rendah kalori namun punya kandungan protein tinggi, sehingga mengonsumsi makanan ini tidak hanya bisa mencegah berat badan Anda mengalami kenaikan secara drastis, tapi juga membuat Anda lebih mudah kenyang.


5. Membantu Perkembangan Otak Janin

Ikan teri termasuk jenis ikan yang merupakan sumber asam lemak omega-3, terutama DHA dan EPA (asam eikosapentanoat), yang punya manfaat penting untuk perkembangan otak janin yang optimal. Moms juga tak perlu khawatir karena kadar merkuri yang terdapat pada ikan teri lebih rendah daripada jenis ikan lainnya. Jadi, ikan teri masih aman untuk Anda, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   ibu hamil,   kehamilan,   makanan ibu hamil,   ikan teri










Cover April 2020