Mother&Baby Indonesia
5 Cara agar Tak Lemas saat Hamil Muda

5 Cara agar Tak Lemas saat Hamil Muda

Bagi para Moms yang sedang hamil muda, mudah lemas tentu menjadi salah satu keluhan kehamilan yang sering dirasakan. Walau Moms tidak terlalu banyak beraktivitas, namun tetap saja tubuh terasa lebih mudah lemas. Kondisi ini tentu saja turut dipengaruhi oleh morning sickness dan pusing, dua keluhan kehamilan yang paling sering terjadi pada bumil di trimester satu.

Walaupun lebih mudah lemas, bumil sesungguhnya tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tak lemas saat hamil muda. Bagaimana caranya? Read on, Moms!




1. Penuhi Kebutuhan Tidur

Tips yang satu ini sangat sederhana, namun juga sangat efektif! Dengarkan kebutuhan tubuh Anda akan tidur, Moms. Jika di siang hari terasa mengantuk, lakukan 'power nap' atau tidur sejenak. Enggak perlu lama-lama, karena 15-30 menit saja sudah cukup untuk mengisi kembali energi tubuh bumil.


2. Jangan Sampai Dehidrasi

Saat hamil, kebutuhan air harian Anda tentu saja akan meningkat. Jika biasanya Anda hanya butuh sekitar 8 gelas air per hari, saat hamil kebutuhan air ini meningkat menjadi setidaknya 10 gelas air per hari.

Moms pun perlu tahu, kalau memenuhi kebutuhan air harian juga bisa mengurangi mual saat hamil, lho! Bagi bumil yang merasa kurang selera minum air putih, Anda bisa mencoba infused water agar air terasa lebih segar. Coba deh, masukkan lemon, daun mint, dan ketimun di air putih Anda, diamkan sejenak, kemudian nikmati. Segar, kan?




3. Tetap Aktif

Cara agar tak lemas? Tentu saja Anda harus tetap aktif, Moms! Ternyata berdiam diri tanpa aktivitas apa pun justru membuat tubuh Anda lebih lemas (kecuali Anda harus bed rest atas anjuran dokter, ya). Anda juga perlu berolahraga ringan agar tubuh tak mudah lemas saat hamil muda. Namun ingat, pilih olahraga yang ringan saja, seperti berjalan kaki dan berenang.


4. Makan Seimbang

Nutrisi tubuh adalah kunci tubuh sehat dan anti-lemas saat hamil muda. Untuk itu perhatikan asupan gizi Anda saat hamil, dan penuhi segala kebutuhan nutrisi Anda. Fokus pada makanan yang memberikan tambahan energi saat hamil muda, seperti protein (daging sapi, telur, salmon) dan karbohidrat kompleks (roti gandum, kentang, quinoa).


5. Jangan Stres

Serius deh, Moms! Pengelolaan stres saat hamil sangat penting untuk Anda dan Si Kecil yang ada di dalam perut. Berlebihan dalam mengkhawatirkan sesuatu hanya membuat tubuh Anda akan terasa lemas. Ini juga bisa menurunkan daya tahan tubuh Anda lho, Moms!

Stres saat hamil bahkan bisa memberi dampak negatif juga untuk bayi di kandungan Anda. Cobalah untuk lebih santai dalam memikirkan masalah ya, Moms. Pecayalah, happy mom, happy baby! (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   hamil muda,   trimester satu,   lemas saat hamil muda








Cover Maret 2020