Mother&Baby Indonesia
Jenis Ikan yang Perlu Dihindari Ibu Selama Kehamilan

Jenis Ikan yang Perlu Dihindari Ibu Selama Kehamilan

Ikan menjadi salah satu sumber makanan yang sangat disarankan bagi ibu hamil. Moms dianjurkan setidaknya mengonsumsi ikan 2-3 kali per minggu, dengan jumlah 8 sampai 12 ons (bersamaan dengan jenis seafood lain), seperti dianjutkan oleh Food and Drug Administration (FDA).

Seperti yang kita tahu, ikan merupakan sumber asam lemak tak jenuh omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak dan mata, khususnya bagi janin. Tak hanya itu, hewan laut ini juga kaya akan mineral dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh ibu selama hamil.

Namun, Moms juga perlu berhati-hati saat mengonsumsi ikan, karena salah pilih ikan bisa meningkatkan risiko berbahaya pada janin. “Sayangnya, beberapa jenis ikan mengandung merkuri, yang bisa memengaruhi janin atau perkembangan neurologis anak," jelas Mira Ilic, R.D., ahli nutrisi di Cleveland Clinic Foundation, seperti dilansir dari Women's Health Magazine.



Karena itu, untuk meminimalisir hal tersebut, pilihlah ikan dengan kadar merkuri yang rendah. Sebab, dikutip dari www.babycenter.com, merkuri dalam dosis tinggi dapat membahayakan perkembangan otak dan sistem saraf janin. Dan hal ini bisa terkandung dalam ikan yang mungkin Anda konsumsi secara sembarang.


FDA dan EPA (Environmental Protection Agency), AS, mengidentifikasi sejumlah jenis ikan yang harus dihindari ibu hamil dan juga anak-anak. Jenis ikan tersebut di antaranya hiu, todak, king mackarel, tuna jenis bigeye, orange roughy dan tilefish.

Para ahli juga menambahkan jenis ikan lain yang berbahaya karena mengandung merkuri tinggi, yaitu tuna albacore (bersirip panjang) dan kakap. Maka, hindari mengonsumsi ikan-ikan tersebut, baik dalam kondisi mentah atau disajikan sebagai sashimi, maupun dimasak dengan cara apa pun ya, Moms.




Ikan yang Baik untuk Bumil

Lalu, ikan apa yang sebaiknya bumil pilih dan konsumsi secara rutin? Tentu saja yang memiliki kandungan merkuri rendah. Dengan begitu, segala kandungan baik seperti protein serta lemak tak jenuh omega-3 dalam ikan bisa terserap dengan baik.

Beragam jenis ikan tersebut di antaranya adalah kembung, salmon, sarden, tuna dan teri, serta ikan air tawar seperti lele, nila dan ikan mas. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan berbagai ikan yang akan dikonsumsi sudah dimasak dengan matang sempurna, agar bakteri Listeria monocytogenes yang memicu risiko keguguran tak masuk dalam tubuh Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

Baca juga: Ibu Hamil Mual saat Minum? Ini Cara Menyiasatinya



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   makanan ibu hamil,   ikan untuk ibu hamil








Cover Januari - Februari 2020