Mother&Baby Indonesia
Ini Camilan yang Mesti Dihindari oleh Ibu Hamil

Ini Camilan yang Mesti Dihindari oleh Ibu Hamil

Saat menjalani masa kehamilan, Moms sebaiknya memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Ya, ibu hamil memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi untuk kesehatan kehamilan dan janin yang dikandungnya.

Tidak hanya harus sehat dan bernutrisi, bumil juga perlu memperhatikan zat-zat yang terkandung di dalamnya. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi sehari-hari, termasuk juga jenis camilan.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Makanan Ini Bisa Akibatkan Keguguran Janin



Bagi bumil, camilan memang bisa menjadi teman menjalani masa kehamilan. Saat merasa malas atau mual jika makan besar, biasanya Anda akan memakan camilan. Ya, camilan memang bisa membantu mengatasi masalah susah makan bagi bumil.

Meskipun begitu, Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih camilan ya, Moms. Ada sejumlah camilan yang sebaiknya dihindari buat ibu hamil. Berikut ini daftarnya.


1. Gorengan

Gorengan merupakan camilan yang menjadi kegemaran banyak orang, termasuk ibu hamil. Jenis camilan ini juga sangat mudah diperoleh sehingga kerap menjadi solusi pengisi perut saat bumil malas makan.

Namun, konsumsi gorengan yang terlalu berlebihan bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kehamilan Anda lho, Moms. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetologia menemukan bahwa bumil yang lebih banyak mengonsumsi gorengan memiliki risiko lebih besar mengalami diabetes gestasional.

Diabetes gestasional sendiri terjadi karena bumil gagal menghasilkan insulin yang cukup, sehingga gula darahnya meningkat secara abnormal. Hal tersebut dapat menyebabkan persalinan caesar, kelahiran prematur, dan risiko komplikasi penyakit lain yang lebih serius.

Para peneliti menemukan bahwa bumil yang makan gorengan tujuh kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 88 persen lebih besar mengalami diabetes gestasional dibandingkan dengan mereka yang makan gorengan kurang dari sekali seminggu.

Yang menarik, risiko ini lebih besar kemungkinannya dialami bumil yang mengonsumsi gorengan yang dimasak di luar, sebab pedagang gorengan umumnya memakai minyak yang sama berulang kali untuk menggoreng makanan. Penggunaan minyak berulang kali tersebut bisa menghasilkan senyawa kimia yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel di tubuh Anda.




2. Camilan Manis

Buat Anda yang hobi makan makanan manis, sebaiknya selama hamil Anda kurangi mengonsumsi camilan jenis ini, kenapa? Karena terlalu banyak mengonsumsi camilan manis selama kehamilan memiliki efek samping yang berisiko pada kesehatan Anda, salah satunya adalah gangguan diabetes gestasional, apalagi jika Anda ternyata memiliki riwayat diabetes mellitus.

Selain itu, penelitian yang dipublikasikan di European Respiratory Journal melaporkan bahwa konsumsi makanan manis berlebih bagi bumil dapat berdampak negatif bagi kesehatan janin, terutama risiko asma pada anak kelak. Hal ini terjadi karena gula menyerang sistem kekebalan tubuh janin yang sedang proses pembentukan selama dalam kandungan.


3. Camilan Pedas

Camilan pedas sebenarnya aman bagi bumil dan tidak mengganggu tumbuh kembang janin. Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan porsinya dan kemampuan tubuh Anda akan rasa pedas dari camilan yang dikonsumsi.

Apabila pencernaan Anda terlalu sensitif dengan rasa pedas dari makanan, sebaiknya kurangi atau bahkan hindari camilan pedas. Mengonsumsi camilan pedas berlebihan bisa menyebabkan iritasi atau diare. Jika terjadi diare, maka bumil berisiko mengalami dehidrasi yang akan bisa memicu timbulnya kontraksi dini. 

Selain itu, sebagian bumil yang sangat sensitif terhadap pedas biasanya memiliki keluhan nyeri ulu hati (heartburn). Rasa pedas bisa menyebabkan produksi asam lambung berlebih yang dapat refluks melukai saluran pencernaan sebelum lambung atau esofagus. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa camilan pedas dapat memperberat keluhan nyeri ulu hati tersebut.


4. Minuman Bersoda

Minuman bersoda bisa jadi pilihan saat Anda mengalami kegerahan akibat cuaca yang panas. Namun, bukan rahasia lagi bila minuman bersoda mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi gula hanya akan membuat bumil mengalami kenaikan berat badan berlebih. Gula tambahan juga sangat tidak baik bagi bumil yang menderita diabetes gestasional, karena bisa berakibat terjadinya komplikasi pada kehamilan Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Minuman Berenergi?



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   camilan,   makanan ibu hamil,   camilan ibu hamil










Cover April 2020