Mother&Baby Indonesia
4 Trik Ampuh agar Tubuh Ramping Setelah Melahirkan

4 Trik Ampuh agar Tubuh Ramping Setelah Melahirkan

Tubuh yang menggemuk saat hamil memang mengubah tampilan Anda yang mungkin termasuk sebagai perempuan “hampir sempurna”. Namun, setelah melahirkan Si Kecil, sosok seperti itu rasanya hanya tinggal memori saja. Jangan pesimis, Moms! Beragam hal yang Anda lakukan dalam merawat bayi setelah lahir berikut ini bisa membantu kembalikan tubuh ideal Anda, lho!


Masa Awal Ibu Baru

Selama masa kehamilan, tulang rusuk Anda melebar dan banyak mengalami pengenduran. Sementara rahim Anda menjadi 500 kali lebih besar dari ukuran normal. Untuk itu, lakukan latihan sederhana untuk melemaskan otot-otot di beberapa bagian tubuh yang bekerja keras saat hamil maupun melahirkan.



Latihan yang dilakukan di awal masa setelah kelahiran ini juga dapat memperlancar sirkulasi darah, sekaligus mempercepat penyembuhan pasca operasi caesar. Namun sebelum melakukannya, konsultasikan dahulu dengan ahli kandungan yang merawat Anda.


Menyusui, Solusi Alami

Fase menyusui bisa menjadi momen yang membantu untuk mengembalikan tubuh ideal Anda. Sebab saat menyusui, hormon yang muncul di masa kehamilan akan menstimulasi rahim secara alami sehingga kembali mengecil. Selain itu, menyusui juga akan mengubah lemak yang tertimbun menjadi air susu. Tapi, Moms tidak boleh melakukan diet ketat agar tak pengaruhi produksi ASI, seperti yang disarankan oleh Badan Standar Makanan Nasional Inggris.


Mulai dengan yang Ringan




Anda tak harus langsung pergi ke pusat kebugaran untuk merampingkan tubuh. Sebagai permulaan, lakukan jalan pagi atau sore sambil mendorong stroller Si Kecil mengitari beberapa blok dari rumah, sekali dalam seminggu. Jika Anda sudah cukup kuat, tambahkan intensitas jalan-jalan.

Jika otot tubuh Anda terasa sudah cukup luwes, Anda bisa meningkatkan kualitas program latihan ke level yang lebih tinggi. Olahraga Pilates bisa menjaga keseimbangan dan kekuatan otot tubuh, terutama saat Anda sering menggendong Si Kecil.


Diet Sehat

Setelah melahirkan, Anda mungkin terjebak pada pola makan yang salah, seperti banyak konsumsi camilan. Ubah makanan favorit yang tidak sehat dengan segenggam kacang atau buah kering untuk memenuhi gizi. Minum segelas besar air sebelum makan juga akan membuat porsi makan Anda berkurang.

Konsumsi juga makanan sehat lain yang mengandung serat tinggi, roti gandum, nasi merah, dan pasta. Selain membuat tubuh kembali ramping, Anda juga terhindar dari gangguan seperti konstipasi. Minum 6-8 gelas setiap hari juga membuat tubuh cukup terhidrasi, sehingga kesehatan kulit juga lebih sempurna. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: melahirkan,   kelahiran,   tubuh ramping,   tubuh ideal,   ramping setelah melahirkan