Mother&Baby Indonesia
8 Cara agar Anda Tetap Merasa Bahagia saat Bekerja

8 Cara agar Anda Tetap Merasa Bahagia saat Bekerja

Moms mungkin sering melihat rekan kerja Anda yang kerap mengeluhkan pekerjaannya. Atau, jangan-jangan Anda termasuk salah satu dari mereka? Terlepas dari beban pekerjaan, ada banyak hal yang membuat aktivitas bekerja menjadi semakin berat. Misalnya, rekan kerja Anda yang suka bergosip, atau atasan yang bossy.

Hal-hal tersebut akan menimbulkan kebiasaan yang membuat Anda jadi lebih sering mengeluh dan merasa tidak bahagia dengan pekerjaan yang dimiliki. Agar tak berlarut-larut, inilah saatnya Moms mengubah beberapa kebiasaan untuk mencapai kebahagiaan saat bekerja dengan melakukan cara-cara berikut ini:




Berhenti Mengeluh

Mengeluh hanya membuat hidup Anda terasa semakin berat. Jadi, berhentilah mengeluh tentang pekerjaan, rekan kerja, dan situasi yang membuat Anda sedih, marah, atau kecewa. Daripada mengeluh, lebih baik Anda mengambil tindakan nyata untuk mengatasi hal tersebut. Ketahuilah, tidak ada yang suka dengan orang yang sering mengeluh.


Berhenti Beralasan

Apakah Anda sering menunda pekerjaan dengan alasan masih memiliki banyak waktu untuk menyelesaikannya? Hentikanlah! Kebiasaan itu hanya akan membuat waktu. Anda juga akan terjebak untuk terus-menerus mencari alasan yang 99 persen tidak nyata atau dibuat-buat. Akibatnya, pencapaian target dalam bekerja pun menjadi lambat.


Berhenti Menyalahkan

Ketika Anda menyalahkan orang lain atas sesuatu yang terjadi atau sesuatu yang tidak dapat dimiliki, berarti Anda sudah mengaku kalah. Sebab, hidup bukan hanya tentang apa yang terjadi pada diri Anda, tetapi tentang bagaimana Anda berani menghadapi berbagai situasi di dalam hidup ini.


Berhenti Menentang Perubahan


Perubahan dapat membantu menciptakan perbaikan untuk hidup Anda dan orang-orang di sekitar. Oleh karena itu, jangan langsung menolak suatu perubahan hanya karena rasa takut yang ada di pikiran Anda. Terimalah perubahan itu dengan baik untuk kebahagiaan Anda.




Berhenti Membuat Orang Lain Kesal

Berhentilah berusaha keras menjadi orang lain hanya untuk membuat rekan kerja atau atasan Anda terkesan. Lepaskan topeng Anda dan jadilah diri sendiri! Temukan kebahagiaan luar biasa dalam diri Anda, saat menyadari bahwa orang lain dapat menerima Anda apa adanya tanpa harus melakukan sesuatu yang mengesankan.


Berhenti Menjadi Control Freak

Anda mungkin terbiasa mengatur segala sesuatu agar dapat berjalan seperti yang diinginkan, termasuk keluarga, rekan kerja, bahkan orang asing yang Anda temui di jalan. Cobalah untuk menghentikan kebiasaan itu dan biarkan semua berjalan seperti apa adanya. Percayalah, kadar stres Anda akan jauh berkurang saat berhasil melakukannya.


Berhenti Mengkritik

Pepatah mengatakan, “Jika Anda tidak memiliki kata-kata yang baik tentang seseorang, maka jangan katakan apa pun.” Berhentilah mengkritik orang-orang yang dirasa tidak cocok dengan Anda. Seperti Anda, semua orang ingin merasa bahagia, ingin mencintai dan dicintai, seperti ingin dimengerti.


Berhenti Menghakimi

Berhentilah menghakimi seseorang, situasi, atau peristiwa hanya karena Anda tidak dapat memahaminya. Sadarilah bahwa sesuatu yang terlihat aneh atau berbeda, bukan berarti salah atau buruk. Daripada terus menghakimi, lebih baik terima perbedaan tersebut dengan lapang dada. Anda pun akan menjadi lebih bahagia. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   ibu bekerja,   bahagia saat bekerja










Cover Mei-Juni-Juli 2020