Mother&Baby Indonesia
12 Persiapan Keuangan Sebelum Liburan Akhir Tahun

12 Persiapan Keuangan Sebelum Liburan Akhir Tahun

Liburan akhir tahun sudah di depan mata, Moms! Sudah punya planning untuk liburan ke mana nanti? Tentu tidak ada yang tidak suka liburan. Selain untuk melepas lelah dan kepenatan dari aktivitas sehari-hari, liburan juga bisa digunakan untuk menambah kekompakan setiap anggota keluarga sehingga menjadi lebih dekat.

Biasanya, akhir tahun identik dengan libur panjang dan tentu saja akan banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk menikmati liburan akhir tahun seperti traveling, baik di dalam negeri atau bahkan ke luar negeri mengunjungi berbagai destinasi wisata. Jika demikian, tentu Moms butuh sebuah perencanaan keuangan yang matang sehingga liburan nanti hati menjadi tenang dan terhindar dari masalah-masalah khususnya yang berhubungan dengan keuangan keluarga yang akan membuat liburan akhir tahun menjadi tidak berkesan.

Berikut ini M&B coba merangkum dari berbagai sumber laman keuangan di Indonesia 12 persiapan keuangan yang Moms harus lakukan sebelum liburan akhir tahun nanti.




1. Buat Anggaran Khusus untuk Liburan

Buatlah anggaran untuk liburan akhir tahun nanti. Rencana budget liburan ini harus menyesuaikan dengan perjalanan (itinerary) yang sudah disepakati bersama sebelumnya. Moms bisa coba merinci budget mulai dari estimasi biaya transportasi, hotel, makan, trip ke tempat wisata yang akan dikunjungi nanti, dan juga oleh-oleh. 

Baca juga: Trik agar Anggaran Liburan Keluarga Tidak Membengkak


2. Mulai Kurangi Pengeluaran yang Kurang Penting

Moms juga harus cross check kembali pengeluaran bahkan tagihan kartu kredit. Ini perlu dilakukan untuk menganalisa kebutuhan apa yang lebih banyak dan sering dihabiskan. Setelah mengetahui semuanya, cek kembali apakah pengeluaran tersebut termasuk prioritas atau justru hanya dibutuhkan sesekali saja. 

Jika Moms dan Dads sering keluar ke coffee shop mahal, misalnya, mulai dari sekarang sebaiknya porsinya dikurangi dan dimasukkan ke dalam anggaran atau budget untuk liburan nanti. Sekecil apa pun uang yang Moms sisihkan, ini akan berpengaruh untuk anggaran liburan nanti.

Baca juga: Merasa Dilema saat Berbelanja? Ini 6 Alasannya, Moms


3. Buat Daftar Kebutuhan Liburan dan Prioritaskan

Menjelang liburan seperti saat ini, coba Moms mencatat list daftar kebutuhan untuk liburan dan urutkan berdasarkan tingkat kebutuhannya. Setelah itu, alokasikan sejumlah dana untuk memenuhi kebutuhan liburan tersebut. Misalnya, jika masih membutuhkan tas atau koper besar maka Moms harus penuhi kebutuhan tersebut lebih dulu. 


4. Catat Seluruh Pengeluaran Selama Liburan

Cobalah untuk mencatat seluruh pengeluaran selama liburan hingga pengeluaran terkecil sekalipun. Jika ini dilakukan, efeknya akan membuat Moms lebih teliti, sehingga ini bisa menjadi referensi untuk kebutuhan liburan mendatang. 

Moms juga bisa menjadikan catatan pengeluaran liburan sebagai rujukan untuk mengetahui berapa total pengeluaran selama liburan dari total budget yang sudah ditentukan. 


5. Sisihkan dari Penghasilan Setiap Bulan

Manfaat menabung memiliki banyak keuntungan, termasuk sebagai sumber dana untuk liburan akhir tahun nanti. Moms bisa merinci berapa persen dana tabungan yang akan diambil untuk liburan. Setelah menemukan, langsung pisahkan dana tersebut sehingga keuangan keluarga tetap aman. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Anda Lakukan setelah Gajian




6. Jangan Mengandalkan Kartu Kredit

Memang, rata-rata banyak promo liburan murah jika pembayarannya dilakukan dengan menggunakan kartu kredit seperti tiket pesawat, kereta api, hingga hotel. Namun perlu diingat lagi Moms, akan ada tagihan yang mengikuti setelah pemakaian. Boleh menggunakan kartu kredit, tapi tetap harus dikontrol.

Baca juga: 4 Trik Bijak Memakai Kartu Kredit


7. Jangan Konsumtif

Terkadang ketika sudah mengunjungi destinasi wisata, kita lupa budget yang sudah dibuat. Belanja langsung tanpa berpikir panjang, mengingat liburan ini hanya 1 tahun sekali. Hindari melakukan hal ini ya, Moms. Pastikan semua sesuai dengan pos-pos di budget yang sudah Anda buat. 


8. Persiapkan Dana Liburan sejak Jauh Hari

Terkadang hal ini selalu dilupakan, akibat terlalu dekat membuat perencanaan liburan. Jika demikian, persiapan dana liburan pun akan terlalu singkat sehingga alokasi keuangan keluarga termasuk belanja bulanan mau tidak mau menjadi korban untuk memenuhi kebutuhan dana untuk liburan nanti.


9. Siapkan Dana Cadangan

Tidak hanya keuangan keluarga yang harus memiliki dana darurat, budget untuk liburan akhir tahun nanti Moms juga harus menyiapkan dana cadangan jika terjadi hal-hal di luar kendali. Pastikan untuk dana cadangan ini tidak boleh dipakai, kecuali ada emergency

Baca juga: Trik Menyiapkan Dana Darurat


10. Update Promo Liburan

Moms juga sebaiknya rajin melihat update harga-harga promo untuk kebutuhan liburan seperti promo tiket pesawat, kereta api, hotel. Tapi pastinya, ini siapa cepat dia dapat ya, Moms. Untuk antisipasi, sebaiknya untuk akomodasi pastikan pemesanan di jauh-jauh hari untuk menghindari melonjaknya harga.


11. Cari Cara untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan

Jika memang dirasa dana untuk liburan masih kurang, alternatifnya adalah mencari penghasilan tambahan seperti menjadi freelancer, asal tidak mengganggu pekerjaan utama di kantor. Tapi jangan dipaksakan ya, Moms! 

Baca juga: 6 Tips Agar Sukses Memulai Bisnis Sampingan


12. Pilih Liburan yang Terjangkau

Menikmati liburan akhir tahun tidak perlu memaksakan diri untuk pergi ke luar kota atau bahkan ke luar negeri karena budget yang dibutuhkan cukup besar. Jalan-jalan di dalam kota saja, seperti ke taman-taman kota atau sekadar melakukan aktivitas seru lainnya yang tanpa mengeluarkan dana besar jadi solusi. (Hafif Rahman/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   persiapan keuangan,   liburan akhir tahun,   keuangan keluarga










Cover Mei-Juni-Juli 2020