Mother&Baby Indonesia
6 Cara Cerdas agar Belanja Bulanan Tidak Over Budget

6 Cara Cerdas agar Belanja Bulanan Tidak Over Budget

Kalau sudah lihat kata ‘diskon’ Moms pasti langsung tergoda untuk membelinya, walaupun sebenarnya Anda tidak terlalu membutuhkan barang tersebut. Di akhir tahun seperti ini, kata diskon dan promosi pasti jadi lebih mudah ditemukan, ya? Terlebih saat Anda ke supermarket untuk belanja bulanan. Kalau sudah begini, dompet Moms bisa kebobolan dan belanja bulanan pun jadi over budget.

Padahal, sebetulnya ada cara mudah yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari over budget saat belanja bulanan. Simak tips berikut ini yuk, Moms!




1. Membuat Daftar Belanja

Ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Cek barang belanja apa saja yang sudah kosong di rumah dan catat jumlahnya. Setibanya di supermarket, Moms harus belanja sesuai daftar, ya. Jangan biarkan diskon dan promo menarik berakhir dengan over budget, lho!


2. Makan Sebelum Pergi

Belanja bulanan dalam keadaan perut lapar? Bahaya, bisa-bisa Anda akan membeli lebih banyak persediaan makanan daripada yang sebenarnya Anda butuhkan. Istilahnya ‘lapar mata’ begitu, Moms. Maka, makanlah sebelum pergi berbelanja. Perut kenyang, Anda pun akan tenang dan tidak terburu-buru.


3. Tinggalkan Troli di Ujung Lorong

Tinggalkan troli di ujung lorong dan berjalankah ke rak barang-barang. Segera raih apa yang Anda butuhkan dan masukkan ke dalam troli. Trik ini berguna saat Anda membawa anak berbelanja. Ini bisa mencegah mereka meraih sembarang barang yang akan bisa menarik mata mereka.

Baca juga: Sering Menyimpan Struk Belanja? Waspada bahayanya Moms!




4. Membaca Label

Telitilah membeli produk. Pastikan harga sesuai dengan yang tertera di label, seperti kebutuhan nutrisinya, ukuran, dan tanggal kedaluwarsanya.


5. Kurangi Frozen Foods

Daripada membeli sayuran beku, lebih baik Anda membeli sayuran segar yang lebih sehat. Nugget pun sebetulnya bisa Anda buat sendiri. Moms mau resep-resep makanan yang lezat, sehat, dan mudah dibuat? Intip saja resep dan cara membuatnya di YouTube Mother and Baby Indonesia.


6. Batasi Makanan dalam Kemasan

Ikan dan daging segar tentunya akan lebih sehat dan enak rasanya dibanding yang sudah dikemas di dalam kaleng. Ingat, semua yang segar tentu lebih sehat kan, Moms? (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)

Baca juga: Ini Manfaat Mengajak Anak Belanja Bersama



Tags: keluarga,   keuangan,   belanja,   belanja bulanan










Cover April 2020