Mother&Baby Indonesia
7 Bahan Alami untuk Membersihkan Toilet Rumah

7 Bahan Alami untuk Membersihkan Toilet Rumah

Menghabiskan waktu liburan tidak harus selalu dengan jalan-jalan atau traveling mengunjungi tempat wisata. Namun banyak aktivitas liburan yang bisa dilakukan di rumah, salah satunya adalah membersihkan rumah, termasuk membersihkan toilet. Moms juga bisa melibatkan Si Kecil untuk membantu sekaligus melatih kepeduliannya untuk kebersihan rumah dan mengajarkan tanggung jawab. 

Perihal membersihkan toilet rumah, ternyata ada bahan alami yang Moms bisa gunakan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut M&B coba merangkum setidaknya ada 7 bahan alami untuk membersihkan toilet di rumah.




1. Cuka Putih

Cuka sudah lama digunakan untuk membersihkan noda peralatan rumah tangga yang dibuat dari keramik, termasuk untuk toilet. Bahkan selain menghilangkan noda, cuka bisa juga digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap. Selain itu, penggunaan cuka ini tidak akan ada efek dan resiko pada kesehatan tubuh. 

Untuk menggunakannya dalam membersihkan toilet, Moms siram terlebih dulu toilet hingga bersih. Kemudian, tuang satu gelas cuka ke dalam toilet dan tunggu hingga 15 menit. Setelah 15 menit, sikat toilet hingga bersih dan kemudian siram kembali hingga bersih. 

Baca juga: Yuk, Bersih-Bersih Bersama Si Kecil!


2. Baking Soda

Baking Soda, Bahan Alami untuk Membersihkan Toilet Rumah

Baking Soda, Bahan Alami untuk Membersihkan Toilet Rumah. Foto. Dok: Freepik/@chandlervid85

Untuk membuat toilet bersih dan berkilau, Moms bisa mencampurkan baking soda dengan cuka. Tuangkan dua sendok makan baking soda ke dalam toilet dan biarkan semalaman. Esok harinya, Moms siram dan kemudian tambahkan satu gelas cuka dibarengi dengan menyikat toilet tersebut dengan cepat. Setelah selesai, langsung siram dan hasilnya toilet akan kinclong, bersih dan bercak kotoran yang membandel hilang dengan seketika.

Selain membersihkan toilet, baking soda pun bisa digunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi. Bahkan tidak hanya itu, manfaat baking soda untuk kecantikan lho, Moms.

Baca juga: 10 Cara untuk Detoks Rumah Anda


3. Air Jeruk Lemon dan Boraks

Selain cuka dan baking soda, bahan alami yang bisa membersihkan toilet adalah air perasan jeruk lemon dan juga boraks, bahkan campuran keduanya bisa digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga lainnya. Bersihkan dahulu toilet, dan masukan boraks ditambah air perasan dari jeruk lemon ke dalam kloset toilet. Diamkan sejenak, minimal 30 menit dan sikat kemudian langsung siram kembali.


4. Pasir Laut

Kurang pas jika toilet sudah bersih, kinclong namun lantai di sekitarnya masih kotor. Selain tidak enak dilihat mata, jika dibiarkan kotor bisa juga menjadi sumber penyakit lho, Moms. Untuk itu, Moms bisa sekaligus membersihkannya tanpa harus menggunakan pembersih khusus lantai, namun dengan pasir laut. Selain mengikis kotoran yang menempel, lantai sekitar toilet pun menjadi kesat kembali sehingga tidak mudah terpeselet. 



Untuk prosesnya, Moms bisa taburkan pasir laut di lantai sekitar toilet atau kamar mandi dan gosok menggunakan sikat hingga bersih. Gosok lantai hingga ke sudut-sudut toilet dan lakukan ini sambil menyiram dengan air hingga bersih.

Baca juga: 13 Cara Hindarkan Penyakit dengan Detoks Rumah Anda


5. Minyak Pohon Teh

Mungkin terdengar aneh ya Moms, namun ternyata kandungan pohon teh dalam minyak esensial bisa digunakan untuk membersihkan toilet di rumah. Manfaat minyak pohon teh selain untuk perawatan tubuh, bisa juga digunakan untuk membersihkan toilet. Bahkan kandungan minyak pohon teh bisa menghilangkan bau yang tidak sedap dari toilet.

Cara menggunakan minyak esensial dari pohon teh ini, campurkan dengan setengah gelas baking soda dan satu gelas air, kemudian aduk. Setelah tercampur, tuangkan cairan tersebut ke dalam kloset toilet dan sikat hingga bersih. Kemudian siram dengan air hingga bersih.


6. Asam Sitrat

Bahan alami yang sering digunakan untuk membuat kue ini ternyata bisa juga digunakan untuk membantu membersihkan toilet, Moms. Sama dengan bahan-bahan alami di atas, menggunakan asam sitrat ini cukup dengan menaburkannya di toilet yang sebelumnya telah disiram. Setelah disiram dengan asam sitrat, diamkan kurang lebih satu jam sehingga kotoran yang menempel bisa dengan mudah dibersihkan.

Setelah satu jam, Moms siram dengan air bersih dan lap hingga benar-benar kering. Dijamin toilet di rumah akan putih berkilau dengan dengan cepat.

Baca juga: Tips Cepat Membersihkan Rumah


7. Buah Belimbing Wuluh

Selain rasa masakan akan segar, rasa asam di buah ini bisa digunakan untuk membersihkan toilet yang memiliki noda kuning. Caranya mudah, Moms! Cukup gosokkan irisan belimbing wuluh pada area toilet yang memiliki noda kuning, diamkan hingga kering. Sikat dan siram dengan air. Noda kuning di toilet akan pudar dengan cepat dan toilet menjadi bersih.

Demikian Moms, 7 bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan toilet di rumah. Toilet yang bersih akan membuat anggota keluarga dan tamu yang berkunjungi terasa nyaman dan yang paling penting jauh dari sumber penyakit. Selamat mencoba Moms! (Hafif Rahman/SW/Dok. Freepik)



Tags: tips membersihkan toilet,   bahan alami pembersih toilet








Cover Januari - Februari 2020