Mother&Baby Indonesia
Waspada, Bahaya Mengintai di Balik Perayaan Tahun Baru

Waspada, Bahaya Mengintai di Balik Perayaan Tahun Baru

Apa rencana Moms untuk merayakan malam pergantian tahun? Berlibur ke luar kota atau luar negeri? Atau justru menggelar pesta tahun baru di rumah?

Biasanya, perayaan tahun baru identik dengan pesta barbeku lengkap dengan memasang kembang api atau petasan. Terdengar mengasyikkan, ya? Namun, Anda tetap harus waspada, lho.

Menggelar pesta ulang tahun dengan kehadiran Si Kecil berpotensi menimbulkan sejumlah risiko. Simak beberapa bahaya yang mengancam buah hati Anda saat perayaan pesta tahun baru berikut ini.




1. Kembang api dan petasan

Benda yang satu ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Cahaya yang dikeluarkan serta bentuknya memang menarik untuk dilihat. Di sisi lain, kembang api dan petasan juga bisa menimbulkan bahaya, khususnya jika dipegang Si Kecil. Bukan tak mungkin, api akan mengenai tangan Si Kecil sehingga menimbulkan luka bakar serius. Jika tidak berhati-hati, kembang api dan petasan juga berpotensi memicu kebakaran di rumah Anda.


2. Risiko barbeku

Bukan hanya kembang api dan petasan yang bisa menimbulkan kebakaran, bahaya juga bisa disebabkan oleh panggangan barbeku. Saat Moms dan Dads memutuskan untuk mengadakan pesta barbeku, pastikan alat yang digunakan dalam kondisi baik. Pelajari cara memasak menggunakan pemanggang dengan benar guna meminimalisasi risiko api menyambar atau bahkan meledak. 

Oh ya Moms, barbeku bukan hanya berpotensi memicu kebakaran. Daging yang dipanggang terlalu lama hingga gosong juga bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi yang dibakar seperti ayam, ikan, dan daging dapat membentuk senyawa karsinogenik yang dapat merusak komposisi DNA dalam gen manusia sehingga kemudian dapat menyebabkan kanker.



Guna mengurangi risiko pembentukan senyawa tersebut, Anda dapat menyiasatinya dengan cara merendam makanan yang akan dibakar ke dalam bumbu tradisional dan menghindari memasaknya pada suhu yang tinggi. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang dibakar juga bisa meningkatkan asam lambung. Dan jika Anda kurang selektif dalam memilih daging, ada kemungkinan daging yang kurang matang masih terdapat cacing yang bisa mengganggu kesehatan.


3. Bahaya kelelahan

Pesta tahun baru identik dengan perayaan semalam suntuk. Terkadang tanpa disadari, Si Kecil menahan rasa lelah hanya untuk bermain dan ikut merayakan pesta tahun baru. Apabila anak dalam kondisi tidak fit, bukan tidak mungkin rasa lelah itu justru akan membuat Si Kecil sakit. Selain itu, ada kemungkinan juga anak akan menjadi terbiasa begadang. Jadi jangan biasakan Si Kecil terlalu sering tidur malam ya, Moms.


4. Si Kecil menghilang

Saat Moms asyik menggelar pesta tahun baru bersama teman-teman, jangan lepaskan perhatian dari Si Kecil ya, khususnya ketika acara diadakan di vila atau luar ruangan. Rasa penasaran mungkin membuat anak Anda tergiur 'menjelajah' ke area sekitar vila dan kesulitan menemukan jalan kembali. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: tahun baru,   pesta tahun baru,   barbeku,   kembang api,   petasan










Cover April 2020