Mother&Baby Indonesia
11 Tips Packing Barang di Satu Koper untuk Liburan

11 Tips Packing Barang di Satu Koper untuk Liburan

Liburan akhir tahun bersama keluarga tentu akan membuat Moms excited! Namun terkadang, perihal packing barang di koper menjadi permasalahan dan ini bisa mengubah mood menjadi malas dan bingung mesti mulai dari mana. Apalagi ketika ingin berlibur dalam waktu yang cukup lama, barang yang ingin dibawa juga pastinya akan cukup banyak. Bingung kan, Moms! 

Jangan khawatir Moms, karena semua masalah bisa disiasati, kok! Kali ini, tim redaksi Mother & Baby Indonesia mencoba memberikan 11 tips packing barang di satu koper untuk kebutuhan liburan nanti. 




1. Catat dan siapkan seluruh barang yang akan dibawa

Tips packing pertama dan penting untuk Moms lakukan adalah mencatat dan menyiapkan seluruh barang yang akan dibawa ketika liburan nanti. Jika perlu, Moms bisa membuatkan daftarnya dan sesuaikan dengan kebutuhan selama liburan nanti. Di sini kemampuan Moms untuk mix and match diuji. 

Seperti yang dikutip dari New York Times, pada dasarnya ketika liburan Moms hanya butuh 5 pasang kaus kaki dan pakaian dalam, 4 baju atasan, 3 bawahan, 2 pasang sepatu, dan 1 topi. Namun kondisinya berbeda ya Moms, karena ini merupakan liburan bersama keluarga kecil. Pastinya kebutuhan untuk Si Kecil akan lebih diutamakan untuk dibawa. 

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Disiapkan saat Liburan Pertama Anak


2. Gunakan koper dengan ukuran besar 

Karena nantinya akan membawa seluruh kebutuhan Moms, Ayah, dan Si Kecil, tentu butuh koper dengan ukuran yang besar sehingga bisa menampung seluruh barang. Jadi tidak perlu lagi membawa koper tambahan jikalau tidak muat.

Jika di rumah tidak memiliki koper dengan ukuran besar tersebut, maka Moms harus menyiapkan budget liburan untuk membeli koper besar. Budget ini harus dimasukkan ke dalam persiapan keuangan liburan yang sudah ditentukan sebelumnya.


3. Pilih baju dengan bahan tipis

Untuk menghemat tempat di koper dan memudahkan dalam proses packing, sebaiknya Moms memilih baju dengan bahan yang tipis. Biasanya baju dan pakaian yang berbahan tipis ini akan lebih mudah ketika packing, baik untuk berangkat dan ketika pulang nanti.  Namun pemilihan baju atau pakaian dengan bahan yang tipis ini tergantung tempat atau daerah yang Moms dan keluarga akan kunjungi. 

Baca juga: Destinasi Liburan Akhir Tahun Luar Negeri Ramah Anak


4. Gulung baju dan pakaian yang berbahan tipis

Tips selanjutnya adalah menggulung baju dan pakaian yang berbahan tips, seperti kaus, dress, hingga baju tidur ataupun pakaian dalam. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, cukup luruskan dulu baju atau pakaian dan kemudian gulung dan tekuk sesuai dengan ruang di dalam koper. Selain itu ada teknik menggulung ala militer yang bisa Moms praktikkan untuk menghemat lebih banyak ruang di koper. Moms juga bisa mencoba trik dari Marie Kondo.


5. Coba trik merangkul untuk baju atau pakaian yang berbahan tebal

Jika Moms dan keluarga membawa baju atau pakaian lainnya yang berbahan tebal, coba praktikkan trik berikut ini.

• Tumpuk seluruh baju dan pakaian yang berbahan tebal

• Khusus untuk baju lengan panjang, letakkan pada bagian bawah dengan lengan dibiarkan tidak dilipat.

• Tumpuk sisa baju dan pakaian lainnya.

• Tumpuk celana panjang dengan membiarkan sisa liputan keluar dari tumpukan kemeja, dan lipat celana panjang tersebut.

• Langkah akhir, masukkan lengan baju panjang ataupun kemaja seperti kondisi sedang memeluk. 

Trik ini dijamin lebih mudah dan tidak perlu khawatir karena baju yang dilipat tidak terlalu lecek. 



Baca juga: Langkah-langkah Persiapan Liburan Bersama Anak


6. Tumpuk pakaian sesuai jadwal pemakaian

Setelah melipat dan menggulung baju dan pakaian yang akan dikenakan selama liburan, langkah selanjutnya susun berdasarkan jadwal pemakaian. Mulai dari pakaian pertama yang dipakai berada di paling atas hingga pakaian pulang ditempatkan pada bagian paling bawah. Cara ini akan membuat Moms mudah ketika mengambil pakaian dan tidak berantakan.


7. Gunakan travel bag organizer, supaya lebih rapi

Jika Moms ingin terlihat rapi, solusinya menggunakan travel bag organizer. Selain tertata rapi, penggunaan travel bag organizer akan memudahkan Moms ketika mencari pakaian yang akan digunakan nantinya. Travel bag organizer biasanya dijual terpisah sesuai kebutuhan dan jenis barang sehingga tidak tercampur. 

Baca juga: 5 Alternatif Liburan Unik untuk Anak di Jakarta


8. Gunakan kantong zipper transparan untuk benda dan kebutuhan yang berukuran kecil

Ini biasanya digunakan untuk menempatkan peralatan berukuran kecil sekaligus peralatan make up yang akan Moms bawa ketika liburan nanti. Bawa secukupnya saja Moms, sehingga tidak menghabiskan space koper. Untuk penempatan kantung zipper transparan ini disisipkan pada bagian kiri atau kanan koper.


9. Sediakan vacuum bag khusus untuk pakaian kotor

Terkadang ketika berangkat, koper sudah tertata rapi namun ketika pulang akan berantakan karena banyaknya pakaian kotor yang dilipat sembarangan dan ditempatkan dalam 1 plastik. 

Solusi terbaik untuk menghindari hal tersebut, Moms bisa siapkan vacuum bag atau plastik kedap udara sebagai wadah untuk seluruh pakaian kotor. Selain mencegah bau, vacuum bag ini bisa menghemat space koper hampir 80 persen. Sehingga untuk oleh-oleh (bukan makanan) bisa dimasukkan ke dalam koper memanfaatkan space koper yang masih kosong.

Baca juga: Persiapan Sempurna untuk Nikmati Liburan Bersama Anak


10. Organizer khusus gadget dan barang elektronik

Namanya liburan, tentu setiap momennya akan diabadikan menggunakan gadget ataupun camera pouch bahkan kamera DSLR yang pastinya akan berat dan ribet jika harus membawa tas khusus lagi. Apalagi saat ini peraturan penerbangan mengenakan tambahan biaya ketika bagasi melebihi batas. 

Nah, untuk lebih mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pastikan Moms sediakan organizer khusus untuk gadget dan barang-barang elektronik lainnya. Atau jika barang elektronik dirasa riskan dan takut rusak jika ditempatkan dalam koper maka dengan berat hati Moms harus membawa tas ransel untuk bisa menempatkan semua barang tersebut dan dibawa ke dalam pesawat. 

Baca juga: Tips Persiapan Liburan Menyenangkan bersama Anak


11. Jangan sisakan ruang kosong dalam koper

Ketika packing untuk liburan bersama keluarga, Moms tidak boleh menyisakan ruang kosong dalam koper tersebut. Karena adanya ruang kosong, susunan dalam koper akan berantakan lagi. Sebagai antisipasi, jika memang masih ada ruang kosong alternatifnya bisa menambah barang lain yang sesuai dan memang dibutuhkan ketika liburan nanti.

Demikian Moms, 11 tips packing barang dalam 1 koper yang bisa dilakukan sebagai persiapan liburan bersama keluarga nanti. Selamat berlibur! (Hafif Rahman/TW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   liburan keluarga,   tips packing,   packing barang,   persiapan liburan










Cover Mei-Juni-Juli 2020