Mother&Baby Indonesia
M&B Inspiring Moms of The Year: Zaskia Adya Mecca

M&B Inspiring Moms of The Year: Zaskia Adya Mecca

Seorang ibu memang merupakan sumber inspirasi, tidak hanya buat anak, suami, dan keluarga, tapi juga buat orang-orang lain di sekitarnya.

Selain mengasuh dan mendidik Si Kecil, banyak ibu yang memiliki kesibukan lain. Ada yang bekerja kantoran, ada yang menjalankan bisnis dari rumah, atau pun menggeluti aneka profesi lainnya. Yang pasti, apa pun peranannya, mereka tak akan melupakan kodratnya sebagai seorang ibu dan menjadi sumber inspirasi bagi orang lain.

Untuk merayakan Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember, Mother&Baby menghadirkan 8 Inspiring Moms untuk Anda. 8 Ibu hebat yang terpilih dari hasil polling Instagram Mother&Baby Indonesia @motherbabyind ini datang dari latar belakang dan profesi yang berbeda. Ada ibu yang mewakili profesi artis, penyanyi, dokter, tokoh olahraga, entrepreneur, sampai chef, blogger, serta inspiring Mom pilihan.



Salah satu Inspiring Mom pilihan followers setia akun Instagram Mother&Baby Indonesia adalah Zaskia Adya Mecca (32), artis dan pengusaha serta ibu dari Bhumi (18), Sybilla (9), Kala (6), Bhai Kaba (3), dan Bhre Kata (21 bulan).

Wajah cantik istri dari sutradara Hanung Bramantyo, 44, ini memang sudah jarang terlihat menghiasi layar kaca Indonesia. Keputusannya untuk vakum dari dunia entertainment ini diakuinya agar bisa mendampingi tumbuh kembang kelima anaknya. Ia juga tak ingin anak-anaknya kehilangan sosok ayah dan ibu karena alasan sibuk bekerja seperti yang ia rasakan ketika kecil dulu.

Namun karena terbiasa memiliki penghasilan sendiri, akhirnya Zaskia pun memutuskan untuk membuka usaha sendiri. Saat mengandung Sybilla, ia membuka usaha butik, yaitu Meccanism. Ia juga melebarkan usahanya dalam bidang kosmetik (Zam Cosmetics), kue (Mamahke Jogja), serta ritel.

Selain memiliki usaha sendiri, di era milenial sekarang ini, ia juga bersyukur bisa berprofesi sebagai key opinian leader (KOL) atau influencer. Berikut ini wawancara Mother&Baby Indonesia dengan Zaskia Adya Mecca.

M&B: Seperti apa dan siapa sosok ibu yang menginspirasi?

Zaskia: Buat saya, sosok ibu yang luar biasa, sukses, dan menginspirasi adalah semua ibu yang bisa berhasil menyeimbangkan antara urusan mengurus rumah tangga, anak, pekerjaan, dan juga dirinya sendiri. Karena ketika seorang ibu sukses dalam hal mengurus anak, tetapi ia tidak punya waktu untuk dirinya sendiri, rasanya kebahagiaannya berbeda. Jadi sebagai ibu, self-love itu juga sangat penting.



M&B: Pencapaian terbesar yang sudah anda raih hingga saat ini?

Zaskia: Pencapaian terbesar saya alhamdullilah sekarang sudah memiliki 5 anak, usaha saya berjalan dengan baik, begitupun dengan hubungan saya dan suami yang saya rasa sekarang menjadi lebih baik. Saya rasa yang namanya rasa sayang, rasa cinta, dan rasa memiliki bertumbuh seiring waktunya berjalan.

M&B: Prinsip parenting apa yang anda terapkan dalam keluarga?

Zaskia: Saya dan suami selalu menganggap semua anak-anak itu cerdas dan bisa diajak bicara. Jadi kami tidak mau jadi orang tua yang otoriter. Kami terbiasa berkomuniksi dengan anak sejak dini. Hidup kan, akan selalu dihadapkan oleh pilihan, jadi kami juga membiasakan anak-anak menentukan pilihannya sejak kecil agar mereka bisa bertanggung jawab dengan pilihannya. Tapi tetap kami arahkan juga.

M&B: Tiga kata yang mendeskripsikan diri anda sebagai ibu?

Zaskia: Mungkin saya adalah ibu yang santai, kekinian, dan care. (M&B/Vonda Nabilla/ND/SW/Dok. M&B)



Tags: hari ibu,   inspiring moms,   zaskia adya mecca








Cover Maret 2020