Mother&Baby Indonesia
M&B Inspiring Moms of The Year: Alexandra Asmasoebrata

M&B Inspiring Moms of The Year: Alexandra Asmasoebrata

Seorang ibu memang merupakan sumber inspirasi, tidak hanya buat anak, suami, dan keluarga, tapi juga buat orang-orang lain di sekitarnya.

Selain mengasuh dan mendidik Si Kecil, banyak ibu yang memiliki kesibukan lain. Ada yang bekerja kantoran, ada yang menjalankan bisnis dari rumah, atau pun menggeluti aneka profesi lainnya. Yang pasti, apa pun peranannya, mereka tak akan melupakan kodratnya sebagai seorang ibu dan menjadi sumber inspirasi bagi orang lain.

Untuk merayakan Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember, Mother&Baby menghadirkan 8 Inspiring Moms untuk Anda. 8 Ibu hebat yang terpilih dari hasil polling Instagram Mother&Baby Indonesia @motherbabyind ini datang dari latar belakang dan profesi yang berbeda. Ada ibu yang mewakili profesi artis, penyanyi, dokter, tokoh olahraga, entrepreneur, sampai chef, blogger, serta inspiring Mom pilihan.



Salah satu Inspiring Mom pilihan followers setia akun Instagram Mother&Baby Indonesia adalah Alexandra Asmasoebrata (31), atlet, komentator televisi, dan pebisnis, serta ibu dari Jordan Fatimah (1).

Tidak mudah meninggalkan karier yang telah digeluti selama bertahun-tahun. Namun ketika dihadapkan dengan pilihan antara karier dan anak, Alexandra Asmasoebrata langsung tahu jawabannya!

Meski belum benar-benar memutuskan untuk menanggalkan status sebagai pembalap, Andra –panggilan akrabnya– sementara ini memilih untuk fokus mengurus sang buah hati, Jordan Fatimah Subhan Aksa, yang lahir pada 6 Desember 2018. Hal itulah yang membuat wanita berparas cantik ini menolak untuk kembali ke sirkuit meski ada tawaran yang menggiurkan.

Mengaku masih memiliki keinginan untuk ke arena balap, tapi Andra tidak bisa membagi konsentrasi antara anaknya dan beraksi di belakang kendali mobil. Walaupun kini memiliki sederet aktivitas, seperti menjadi komentator, menjalani bisnis, sampai menjadi pembicara, Andra memiliki komitmen untuk tidak meninggalkan Jordan lebih dari lima jam setiap harinya. Berikut ini wawancara Mother&Baby Indonesia dengan Alexandra Asmasoebrata.

M&B: Menurut Anda, seperti apa sosok ibu yang menginspirasi? Adakah sosok tersebut?

Andra: Ibu yang menginspirasi mungkin seorang ibu yang tahu apa yang dilakukannya. Sesungguhnya, menginspirasi itu bukan berarti kita harus sharing dengan orang lain, tidak harus menjadi influencer. Namun ketika seseorang bisa menjadi dirinya sendiri dan tahu apa yang ia harus perbuat untuk anak, dengan sendirinya ia akan menjadi inspirasi bagi orang lain. Saya melihat banyak orang di sekitar saya yang luar biasa, seperti saudara-saudara saya. Mereka bukan orang terkenal, tapi saya terinspirasi karena mereka terlihat enjoy being a mother.



M&B: Pencapaian terbesar yang didapat saat ini?

Andra: Sejauh ini, pencapaian terbesar saya adalah menjadi ibu rumah tangga dan memberikan ASI kepada anak hingga kini usianya satu tahun. Dahulu, saya tipe perempuan yang santai dan tidak memikirkan soal memiliki anak, melahirkan secara normal, atau bahkan memberikan ASI. Tapi ternyata, kini saya memiliki tekad untuk mengurus anak sendiri. Saya merasa harus memberikan yang terbaik sebagai ibu, dan perasaan itu baru timbul sejak saya hamil.

M&B: Prinsip apa yang Anda terapkan dalam keluarga?

Andra: Saya hanya mau anak dekat dan bisa bercerita kepada saya karena dahulu saya tidak bisa bercerita kepada mama. Terserah bentuknya mau seperti ibu dengan anak, seperti teman, atau seperti yang lain, tapi saya ingin anak saya kelak terbuka kepada ibu dan bapaknya.

M&B: Tiga kata yang mendeskripsikan diri Anda sebagai ibu?

Andra: Mungkin saya bisa dibilang santai. Karena anak saya belum balita, jadi saya juga masih bisa bersabar. Ekspresif, tapi hanya kepada anak. (M&B/Wieta Rachmatia/ND/SW/Dok. M&B)



Tags: hari ibu,   inspiring moms,   alexandra asmasoebrata