Mother&Baby Indonesia
Bahaya Menyembunyikan Sayuran dalam Makanan buat Anak

Bahaya Menyembunyikan Sayuran dalam Makanan buat Anak

Sayuran merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan anak untuk tumbuh kembang yang optimal. Namun, Moms mungkin sering mengalami kesulitan untuk membuat anak suka makan sayur. Anda juga mungkin salah satu orang tua yang kerap 'curhat' kalau Si Kecil susah sekali untuk makan sayur.

Nah, bagi Moms yang memiliki anak yang ternyata tidak suka makan sayur, pasti Anda khawatir jika kebutuhan gizi harian Si Kecil tidak terpenuhi, ya. Walau sayur sudah dibuat dan ditata dalam penyajian yang menarik, Si Kecil tetap saja tidak mau makan. Kalau sudah begini, biasanya cara paling efektif adalah dengan menyembunyikan sayur dalam makanan favorit Si Kecil. Beberapa Moms tentu pernah melakukan ini, ya.

Ternyata Moms, menyelipkan sayuran ke dalam makanan agar Si Kecil akrab dengan rasa sayuran bukanlah tindakan yang tepat. Hal tersebut justru malahan bisa membuatnya meninggalkan sayuran di kemudian hari.




Pilih Makanan dengan Sayur atau tanpa Sayur

Sebelumnya, beberapa studi telah menunjukkan bahwa anak-anak lebih menyukai makanan yang dikemas dalam kemasan menarik, seperti gambar kartun, daripada makanan yang dikemas dalam kemasan polos.

Para peneliti kemudian menyediakan dua jenis makanan yang sama-sama berkemasan menarik dan mengandung sayuran, tapi yang satu disertai label sayuran pada kemasannya, sedangkan yang lain tidak. Anehnya, anak-anak lebih memilih makanan tanpa ada label sayuran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara teori, anak-anak beranggapan bahwa makanan lebih enak tanpa sayur.

Para peneliti menganjurkan cara terbaik agar Si Kecil suka makan sayur adalah dengan mengenalkannya secara langsung. Berusahalah menawarkan sayuran dalam bentuk aslinya tanpa perlu dicampur bahan makanan tertentu atau disembunyikan dalam makanan buat anak. Moms dan Dads juga bisa mencontohkannya untuk selalu mengonsumsi sayuran sehat.




Tips agar Si Kecil Suka Sayur

Ada beberapa tips yang mungkin bisa Moms coba lakukan agar Si Kecil menyukai sayuran. Berikut ini tipsnya:

1. Sajikan sayuran dalam porsi kecil atau dalam jumlah sedikit demi sedikit. Ini bertujuan agar anak dapat mengenal warna, tekstur, dan aromanya terlebih dahulu. Kalau sudah kenal, pasti lama-lama anak mau mencobanya.

2. Sajikan sayuran dalam berbagai bentuk yang menarik. Karena biasanya balita gemar makan sesuatu karena ia suka dengan bentuknya. Tampilan sayur yang menarik pastinya lebih mengundang Si Kecil untuk mencobanya.

3. Selain bentuknya yang menarik, sajikan juga sayur dengan rasa yang enak. Alasan anak tidak mau makan sayur umumnya adalah karena sayur tidak memiliki rasa. Jika sayur diolah biasa-biasa saja, Si Kecil tetap tidak akan mau. Tapi jika sayur diolah dengan rasa yang enak dan nikmat, anak pasti suka memakannya.

4. Jangan hanya meminta anak mencoba makan sayur, tapi Moms juga harus bisa memberikan contoh yang baik. Jika orang tua gemar makan sayur, maka anak juga akan mengikuti kebiasaan Anda tersebut. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   sayur,   makan sayur,   anak suka sayur,   anak susah makan sayur








Cover Maret 2020