Mother&Baby Indonesia
4 Nutrisi Penting bagi Ibu yang Wajib dipenuhi

4 Nutrisi Penting bagi Ibu yang Wajib dipenuhi

Saat mempersiapkan kehamilan, menjalani kehamilan, melewati masa menyusui, serta menjalani peran sebagai ibu ketika mengurus Si Kecil, seorang wanita perlu memperhatikan nutrisinya. Karena bila nutrisi Anda tidak terpenuhi, terutama pada masa kehamilan, hal ini akan berpengaruh pada kondisi bayi yang dikandung dan tentunya kesehatan Anda sendiri.

Terkadang, tak terpenuhinya nutrisi selama masa tersebut dikarenakan tak sedikit ibu yang percaya dengan mitos-mitos seputar nutrisi yang kurang sejalan dengan faktanya. Misalnya saat hamil, ibu tidak boleh makan nanas, durian, dan tape karena bisa membuat keguguran. Ada pula mitos yang mengatakan bahwa ibu yang sedang menyusui tidak boleh makan masakan pedas karena bisa membuat bayi mencret.

Padahal, faktanya nanas, durian, dan tape, merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan gizi baik untuk ibu hamil dan tentunya tidak menyebabkan keguguran. Sementara makan makanan pedas saat masa menyusui tidak mempengaruhi kualitas ASI yang berdampak pada pencernaan bayi Anda.



Bila seorang ibu maupun calon ibu tidak memiliki pengetahuan nutrisi yang memadai, mitos tersebut bisa diyakini sebagai sesuatu yang benar. Akhirnya, kebutuhan nutrisi ibu pun tak terpenuhi dan bisa saja berisiko mengalami masalah kesehatan. Maka, penting bagi wanita untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sejak merencanakan kehamilan hingga menjaga asupan nutrisi selama menjadi ibu.


Asupan Nutrisi Penting bagi Wanita

Pakar nutrisi, Rachel Olsen, mengatakan ada beberapa asupan nutrisi yang penting dan harus dipenuhi oleh wanita untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, yaitu vitamin D, kalsium, zinc, dan asam folat.

“Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium. Kalau wanita kekurangan vitamin D dapat berisiko terkena osteoporosis. Bila ibu hamil kekurangan asam folat, bisa berisiko terkena anemia, sedangkan bayi berisiko terkena spina bifida sehingga membuat masalah pada tulang belakang dan pertumbuhan otak bayi. Sedangkan zinc berguna sebagai imunitas tubuh,” Kata Rachel saat ditemui di Kota Kasablanka (29/11/2019).

Namun Rachel mengungkapkan, sebanyak 80 persen calon ibu di trimester pertama mengalami defisiensi vitamin D, kalsium, zinc, dan asam folat. Hal ini dikarenakan banyak wanita yang tidak sadar kalau sebelum hamil sebaiknya mereka sudah menjaga asupan nutrisinya. “Defisiensi ini sedikit banyak memengaruhi pertumbuhan bayi yang sehat dalam kandungan. Untuk itu, sebaiknya calon Moms sudah menyiapkan tubuhnya jauh sebelum kehamilan” ungkapnya.



Tak hanya calon ibu, defisiensi gizi juga rentan dialami oleh ibu yang sedang menyusui. Padahal saat memberikan ASI, seorang ibu membutuhkan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan saat hamil. “Saat menyusui, ibu juga kehilangan banyak kalsium dan biasanya kekurangan beberapa zat seperti vitamin D, A, asam folat, dan zinc dalam tubuhnya. Hal ini terjadi karena semua zat-zat itu terserap oleh bayi melalui ASI,” tambahnya.


Konsumsi Vitamin untuk Optimalkan Kesehatan Ibu

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu yang “lebih spesial” ini, selain bisa didapat dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, Moms juga dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin tambahan. Rachel menganjurkan untuk mengonsumsi multivitamin bahkan sejak persiapan kehamilan. Karena penyerapan vitamin di dalam tubuh membutuhkan waktu yang lama hingga bisa diserap secara optimal. “Contohnya vitamin D yang butuh waktu sekitar 3 bulan hingga bisa diserap secara optimal. Jadi tidak bisa baru mengonsumsi vitamin saat ibu baru tahu hamil,” ujarnya.

Konsumsi multivitamin juga sebaiknya dilanjutkan hingga masa kehamilan, menyusui, dan ketika menjalani peran sebagai ibu. Nah, untuk melengkapi kebutuhan gizi wanita yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, menyusui, maupun yang telah memiliki anak, Moms bisa mengonsumsi YOUVIT MultiMum.

YOUVIT MultiMum mengadung 10 vitamin dan 3 mineral, termasuk zat penting seperti asam folat, vitamin D, dan Zinc. Zat-zat ini dapat membantu memaksimalkan asupan harian ibu. Semua dosis vitamin dan mineral dari YOUVIT MultiMum juga telah disesuaikan berdasarkan AKG (Angka Kecukupan Gizi) harian orang dewasa yang direkomendasikan secara ketat oleh Kementerian Kesehatan.

Karena memiliki dosis yang seimbang, YOUVIT MultiMum juga aman dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui. Selain itu, bentuknya gummy dan rasa mangganya enak lho, Moms! Jadi hanya dengan mengonsumsi satu gummy per hari, YOUVIT MultiMum bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi Anda. (Vonda Nabilla/SW/Dok.Freepik, YOUVIT)



Tags: nutrisi,   nutrisi untuk ibu,   youvit multimum